Pjs Drektur Perumda Air Minum Cilegon Mandiri Ihwan Kurniawan, Kamis (4/7/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kinerja PT Perumda Air Minum Cilegon Mandiri terus menunjukkan perkembangan yang positif. Pada tahun 2023, Perumda Air Minum Cilegon Mandiri mampu memberikan kontribusi PAD sebesar Rp 4,1 miliar.

“Sesuai dengan audit keuangan dan rapat KPM, PDAM Cilegon telah menyumbangkan pendapatan sekitar Rp 4,15 miliar untuk kas daerah,” kata Pjs Direktur Perumda Air Minum Cilegon Mandiri Ihwan Kurniawan dikonfirmasi, Kamis (4/7/2024).

Sementara untuk capaian laba di 2023, sambung Ihwan pihaknya dari pendapatan tersebut membukukan laba bersih sebesar 7,5 persen.

“Pencapaian yang sudah kami capai ini sudah kami setorkan ke kas daerah dan sudah saya sampaikan juga ke Satgas PAD Kota Cilegon belum lama ini,” ujar Ihwan.

Baca juga  Kota Cilegon Butuh Klinik Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Lebih lanjut, kata Ihwan, pada 2024 pihaknya menargetkan PAD untuk Kota Cilegon sebesar Rp 4,2 miliar atau naik sebesar Rp 150 juta.

“Berdasarkan PP 54, jika asumsinya 50 persen otomatis PAD yang bisa kita raih bisa mencapai Rp 4,2 miliar. Pencapaian 2024 akan di setor pada 2025 nanti. Sedangkan pencapaian di 2023 sudah di setor di 2024,” ujarnya.

Ihwan mengaku optimis pencapaian di 2024 bisa tercapai dengan maksimal. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan PAD tersebut, mulai dengan membantu program pemerintah untuk memberkkan akses yang sama mudahnya di wilayah Cilegon. Seperti contoh, memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah perbukitan Pulomerak untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kedua, menjual air kemasan Ci Legon sebagai upaya menambah PAD.

Baca juga  Terkait Hak Pilih Warga Binaan di Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Nyatakan Masih Perlu Diverifikasi

“Meski pada penjualan air Ci Legon tidak terlalu besar tapi kami optimis pencapaian di 2024 nanti bisa tercapai maksimal,” ujarnya.

Disinggung soal total pelanggan, Ihwan menuturkan total pelanggan (SL) dari Januari-Mei sudah mencapai 623 atau 99,68 persen. (Ully/Red)