Pekerja memilah sampah di TPSA Bagendung, Kota Cilegon. Foto Dok Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemkot Cilegon berencana akan membatasi volume sampah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang masuk ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung. Pembatasan sampah ini sebagai bentuk langkah Pemkot Cilegon dalam memprioritaskan sampah Kota Cilegon serta menjaga kualitas kemampuan TPSA Bagendung.

“Kita ingin lebih memprioritaskan sampah-sampah yang ada di Kota Cilegon dibandingkan milik Kabupaten Serang. Dan itu yang harus kita prioritaskan. Apalagi, Kabupaten Serant sudah memiliki instalasi pengolahan sampah sendiri,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, Sabri Mahyudin, Kamis (28/12/2023).

Sabri menuturkan, sebelumnya Kota Cilegon menerima sampah dari Kabupaten Serang mencapai 70 ton kubik sampah. Kedepan, volume sampah dibatasi menjadi 50 ton atau 150 meter kubik.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

“Otomatis selain sampah per kubiknya berkurang berdampak juga pada retribusi sampah dari Kabupaten Serang ke Kota Cilegon. Yang tahun ini kita (Cilegon) bisa mendapatkan pemasukan dari Kabupaten Serang mencapai Rp 7 miliar per tahun di 2024 nanti hanya mendapat Rp 3 hingga Rp 4 miliar per tahun atau Rp 500 hingga Rp 600 juta per bulan,” tutur Sabri.

Mantan Staf Ahli Walikota Cilegon mengungkapkan, kerja sama pengolahan sampah pada 2024 nanti akanmelalui BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) TPSA Bagendung.

“Dengan pembatasan volume sampah milik Kabupaten Serang juga merubah Peraturan Daerah (Perda) Retribusi dan Pajak Daerah yang saat ini tengah digodok oleh DPRD Kota Cilegon,” ujarnya.

Baca juga  8 Kecamatan di Cilegon Diminta Siapkan Anggaran Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota 2024

Terkait pendapatan retribusi sampah 2023, kata Sabri, saat ini retribusi sampah Kota Cilegon mencapai Rp 11.140.000.000,00. Pendapatan ini terdiri dari Rp 7 miliar pendapatan sampah bersumber dari sampah milik Kabupaten Serang dan Rp 4 miliar milik Kota Cilegon. (Ully/Red)