CILEGON, SSC – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon bersama Bank Jawa Barat (BJB) Cabang Kota Cilegon sepakat menggelar penandatangan kerja sama (Memorandum Of Understanding) untuk mengawal kredit macet para nasabah dan pengembalian piutang negara.

Turut hadir dalam MoU ini, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon Ely Kusumastuty, Kepala BJB Kota Cilegon Muhammad Hartami dan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon Purkon Rohiyat yang digelar di Kantor BJB Cilegon, pada pukul 14.00 WIB.

Kajari Cilegon Ely Kusumastuty mengatakan, kerjasama antara BJb dan Kejari Cilegon bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi perdata Kejaksaan Negeri (Kejari Cilegon) dalam mengawal dan membantu pengembalian piutang negara, pengembalian kredit macet dan pemgembalian aset negara.

“Intinya kami ingin bersinergi dengan BJB sehingga bisa membantu menangani penanganan kredit perbankan dan penanganan kegiatan perbankan yang bisa dibantu oleh Kejari Cilegon,” kata Ely kepada Selatsunda.com,” Selasa (24/11/2020).

Masih kata Kejari, selain MoU dengan BJB, Kejari Cilegon juga sudah melakukan MoU dengan BPRS CM, Disperindag Cilegon, PT dan KBS. Dari hasil kerjasama ini, Kejari Cilegon mampu mengembalikan keuangan daerah sebesar Rp 1 miliar.

“Kalau dari hasil catatan ibu (Kejari Cilegon) dalam 1 bulan ini bisa mengembalikan uang negara sebesar Rp 1 miliar. Keberhasilan kami ini bukan atas kehebatan kami tapi berkat bantuan Tuhan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BJB Cilegon, Muhammad Hartami mengungkapkan, kerjasama ini, untuk mengawal kredit macet dan permasalahan-permasalahan lain yang terjadi di BJB Cilegon guna menyelesaikan permasalahan hukum.

Baca juga  Larangan Warung Nasi Buka di Siang Hari Tuai Kontroversi, Ini Penjelasan Walikota Serang Syafrudin

“Jadi kerjasama ini, bagaimana dari Kejari Cilegon bisa membangu kami untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahn hukum terutama dibidang aset,” ujarnya.

Selain kantor cabang Cilegon, MoU ini antara Kejaksaan dan BJB, juga telah dilakukan oleh KCK Balaraja, KCK Tangerang dan KCK Tangerang Selatan. Kerjasama antara BJB dan Kejari juga, sebagai salah satu arahan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk meminta semua perbankan untuk memonitor permasalahan kredit macet. Salah satunya kredit macet di BJB Cabang Cilegon.

“Saya berharap dengan kerjasama ini bisa lebih positif dan mampu mengembalikan kredit dan aset milik negara,” pungkasnya. (Ully/Red)