Kondisi tempat isolasi pasien bergejala Covid-19 di Trans Hotel Cilegon. Foto : istimewa

CILEGON, SSC – Imbas meningkatkan pasien Covid-19 (virus corona) di Trans Hotel Cilegon dan berbagai rumah sakit, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon merencanakan bakal menjadikan salah satu hotel untuk ruang isolasi tambahan.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta mengatakan, jika kondisi wisma isolasi di Trans Hotel dan ruang isolasi di rumah sakit sudah tak mampu menampung pasien yang terpapar corona.

“Rencananya kami (Pemkot Cilegon) akan sewa satu gedung atau rumah untuk di kerjasamakan agar bisa dijadikan tempat isolasi bagi pasien corona,” kata Sanuji kepada Selatsunda.com ditemui usai kegiatan Rapat Tim Koordinasi Bantuan Sosial Program Sembako Kota Cilegon 2021 di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (23/6/2021).

Baca juga  Wali Murid SDN di Cilegon Keluhkan Pembelian Buku Paket Ditengah Pandemi

Sanuji menambahkan, rencana sewa gedung dan rumah tersebut sudah dibahas oleh Satgas Covid-19 Kota Cilegon, Kemarin, Selasa (22/6/2021) malam.

“Tadi malam udah kami bahas kom dengan tim Satgas Covid-19 dan Forkompimda. Mungkin hari ini kepastiannya akan disampaikan oleh Pak Walikota Cilegon, Helldy Agustian,” tambahnya.

Menurut dia, jika melihat situasi dan kondisi pandemi saat ini, Cilegon sedang dalam kondisi harus waspada. Masyarakat diminta menerapkan prokes secara ketat.

“Karena kondisinya sekarang (kasus Covid-19) baik kumulatif termasuk aktif termasuk juga BOR kita ini semuanya sedang bergerak dan sedang mengkhawatirkan,” ujarnya.

Politisi PKS mengungkapkan, angka pasien terkonfirnasi positif covid-19 berdasarkan data sebaran Covid-19 di Kota Cilegon pada Selasa (22/3/2021) tercatat 5.999 orang dan pasien di rawat 450 orang, meninggal 205 orang. Sedangkan keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) mendekati 70 persen.

Baca juga  Bahas RPJMD 2021-2026, Pansus DPRD Cilegon Temukan Banyak Penyusunan Program Menyimpang Permendagri

“Jadi hampir semua rumah sakit sekarang ini okupansinya terjadi peningkatan. Kita sedang terus menambah tempat tidur di seluruh rumah sakit rujukan yang ada di Kota Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)