Ilustrasi Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon diperbaiki sementara oleh Pemkot Cilegon saat menghadapi arus mudik Lebaran 2023. (Foto Dok Istimewa)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota Cilegon bakal menerima bantuan dari Pemerintah Pusat untuk perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian menyatakan, bantuan yang dikucurkan Pemerintah Pusat untuk perbaikan Jalan Lingkar Selatan sebesar Rp 114 Miliar. Bantuan tersebut bersumber dari bantuan Inpres percepatan pembangunan jalan daerah dari Kementerian PUPR. Saat ini kata Helldy, rencana pekerjaan perbaikan JLS tengah masuk dalam proses lelang di Kementerian PUPR.

“Sekarang JLS sedang proses lelang, dapat bantuan dari Kementerian PUPR sebesar Rp 114 Miliar. Itu bantuan dana Impres. Yang mengerjakan semuanya dari Pusat,” ujar Helldy, Rabu (17/5/2023).

Helldy mengatakan, perbaikan JLS akan dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, JLS yang diperbaiki dengan bantuan inpres tersebut akan dilakukan untuk jalan dengan panjang 3 kilometer dimulai dari perempatan PCI.

Baca juga  Tingkatkan Retribusi, Perusahaan yang Gunakan  Tenaga Kerja Asing di Cilegon Dikumpulkan

“Tahap pertama 3 kilometer dari PCI,” ungkapnya.

Perbaikan JLS diharapkan Helldy dapat terus berkelanjutan. Ia berharap tahun depan perbaikan dapat dilanjutkan untuk sisa kilometer lainnya.

Prinsipnya, Helldy mengaku berupaya agar JLS diperbaiki secara keseluruhan dengan bantuan pusat. Karena dari beberapa kali pertemuan, pusat merespon positif usulan perbaikan JLS yang diajukan Pemkot Cilegon.

“Mudah-mudahan (selesai sampai sisa 12 kilometer lain),” tuturnya.

“Tapi pada prinsipnya ini bantuan dari pusat. Saya datang dua kali kesana dan mereka merespon,” pungkasnya. (Ronald/Red)