Kondisi rumah warga yang ambruk usai terjadi gempa bumi di wilayah Pandeglang, Provinsi Banten,” Jumat (14/1/2022). Foto istimewa

PANDEGLANG, SSC – Gempa susulan terjadi di Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten dengan kekuatan mangintudo 5,7. Dari aplikasi Info BMKG, gempa susulan itu terjadi pukul 16.49 WIB dengan epicentrum gempa berada di koordinat 7.03 LS-105.25 BT atau berjarak 54 km Barat Daya Sumur.

Dampak gempa susulan tersebut membuat warga di Kecamatan Cimanggu dan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi.

“Orang tua saya ngungsi ke Citangkil, itu tempat yang tinggi. Ada genteng rumah yang merosot (jatuh), waralaba pada tutup juga,” ujar Ketua Pokdarwis Sumur, Hudan Zul saat dikonfimasi, Jumat (14/01/2022).

Hudan mengungkapkan, dirinya saat terjadi gempa susulan sempat hilang kontak dengan orangtuanya sekitar 30 menit. Bersyukur orangtuanya dalam kondisi selamat dan diketahui sedang mengungsi.

Baca juga  Lapas Cilegon Bangun Blok Hunian Baru Tampung Narapidana Beresiko Tinggi

“Alhamdulillah orangtua sudah ketemu. Anak istri di Cimanggu. Tadi sempet ilang komunikasi sama orang tua, sekarang sudah nyambung lagi,” terang dia.

Hal yang sama diungkapkan salah satu tour guide dari Ujung Kulon Adventure, Qipong. Dia saat gempa terjadi melihat warga panik dan keluar rumah. Qipong menjelaskan, belum menemukan adanya kerusakan rumah warga.

“Enggeus aman (udah aman). Yang evakuasi mah Aya (ada), ke tempat yang lebih tinggi pastinya mah,” ujarnya. (Ronald/Red)