Masyarakat mengikuti Pelaksanaan Vaksinasi dan Bakti Sosial Alumni Akabri 89 di Alun-alun Kota Cilegon, Senin (25/10/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC –  Pemerintah Provinsi Banten menyatakan terdapat 3 kabupaten di Provinsi Banten yang tingkat vaksinasi masih rendah.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, cakupan vaksinasi covid-19 di Banten mencapai 62 persen. Tetapi, ada 3 daerah di Banten yang angka capaian vaksinasinya dibawah 40 persen.

“Tiga daerah ini, meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang,” kata WH dalam sambutanya pada Pelaksanaan Vaksinasi dan Bakti Sosial Alumni Akabri 89 di Alun-alun Kota Cilegon, Senin (25/10/2021).

Meski capaian vaksinasi 3 kabupaten berada diangka 40 persen, untuk tingkat penyebaran covid-19 di Banten turun drastis disusul dengan angka kesembuhan naik serta angka meninggal dunia pun naik.

“Pak Kabareskrim, saya sampaikan untuk penatausahaan dan penanganan covid-19 di Banten termasuk berhasil. Insya Allah Pak Kabareskrim animo masyarakat terhadap vaksin cukup tinggi,” ucap WH menerangkan kepada Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

Untuk mencapai capaian vaksinasi ini, sambungnya, ke depan Pemprov Banten akan terus melakukan jemput bola dengan bekerjasama dengan Polda Banten dan seluruh jajaran Kodam 3 Siliwangi untuk terus melakukan vaksinasi covid-19.

“Persolan saat ini keberadaan vaksinasi kita (Banten) minim. Tapi, Pak Presiden RI (Jokowi) berjanji akan menyiapkan jumlah vaksin sesuai dengan permintaan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas (Kadisnkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti menambahkan, pencapaian vaksinasi di 3 kabupaten yang rendah yakni Kabupaten Lebak 32 persen, Pandeglang 25 persen dan Serang 27 persen.

Ia menyatakan, pihaknya dengan sisa 3 bulan pada tahun ini menargetkan 80 persen capaian vaksinasi untuk di Banten. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan jemput bola kepada warga yang belum di vaksinasi.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

“Hingga Desember, kami (Dinkes Provinsi Banten) menargetkan capaian vaksinasi mencapai 80 persen. Untuk menembus capaian vaksinasi ini, kami terus gencar melakukan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat agar mau di vaksinasi,” katanya. (Ully/Red)