CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menargetkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu 2019 mencapai 77,5 persen. Untuk mengoptimalkan target ini, KPU membentuk Relawan Demokrasi.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, keberadaan Relawan Demokrasi pada pileg dan pilpres 2019 ini sangat dibutuhkan. Mengingat tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara Pemillu 2019 di Cilegon masih sangat minim. Oleh karenanya, keberadaan relawan ini menjadi salah satu upaya KPU meningkatkan partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula.

“Kita (KPU,red) ingin pada pemilu di tahun ini, partisipasi pemilih pemula mencapai 77,5 persen. Target ini tak jauh berbeda dengan target nasional yang mencapai 77,5 persen,” kata Irfan saat ditemui di salah satu rumah makan di Kota Cilegon, Rabu (23/1/2019).

Baca juga  Pemkab Serang Bongkar Tujuh THM di JLS Cilegon

Selain itu, kara Irfan, relawan juga akan membantu KPU memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Pemilu 2019. Mulai dari tahapan hingga saat pencoblosan.

“Untuk di Kota Cilegon, ada 55 Relawan Demokrasi. 55 orang ini, kita bagi dari segmen diantaranya komunitas disabilitas, pemilih pemula, pemilih marginal dan berbasis Internet,” katanya.

Untuk menjalankan tugas relawan sesuai aturan, pihaknya akan memberi pembekalan.

“Kita berikan pembekalan kepada para relawan ini. Karena, kedepan para relawan ini akan bekerjasama dengan KPU. Tentunya, musti memiliki etika dan kode etik yang sudah diatur,” sambungnya.

Dia berharap, keberadaan relawan ini bisa memberikan konstribusi besar untuk kemajuan pemilu 2019. Utamanya, partisipasi pemilih dapat meningkat.

Baca juga  Ini Besaran UMK 2022 Yang Ditetapkan oleh Gubernur Banten

“Ini dalam rangka suksesnya Pemilu 2019. Kami juga berharap relawan ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, ini adalah target utama kita,” pungkasnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini