Walikota Cilegon Helldy Agustuan menyerahkan alat kerja ke prajurit TNI saat Pembukaan TMMD Ke-112, Rabu (15/9/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-112 di Kota Cilegon akan difokuskan pada pembangunan jalan di sejumlah kecamatan di Cilegon. Salah satunya, membangun akses jalan menghubungkan sejumlah lingkungan di Kecamatan Pulomerak.

Dandim 0623 Cilegon Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon mengatakan, program TMMD pada 2021 di Kecamatan Merak akan menyasar pada pembangunan akses jalan di tiga lingkungan yakni Lingkungan Langon 2, Lingkungan Sumur Pring dan Lingkungan Tembulun, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak.

Ia menyatakan, jalan di 3 lingkungan pada luasan lahan 2,7 hektar itu dibangun untuk memudahkan akses infrastruktur masyarakat.

“Dipilihnya lokasi Pulomerak ini, merupakan hasil keluh kesah masyarakat di Pulomerak yang kesulitan menembus akses jalan. Apalagi, jika tiba musim panen maupun hujan mereka (warga) harus menembus jalan hingga ke bawah untuk mengambil hasil panen dan air bersih,” kata Dandim kepada awak media ditemui usai Acara Pembukaan TMMD ke-112 Tahun Anggaran 2021 yang digelar di Ruang Aula Setda II Penkot Cilegon, Rabu (15/9/2021).

Baca juga  Duarr! Ibu Hamil di Anyer Serang Jadi Korban Sambaran Petir

Tiga akses jalan dibangun dengan dana hibah sebesar Rp 1,1 miliar yang bersumber dari APBD Kota Cilegon. Anggaran ini, kata Dandim, memang terdapat penurunan bila dibanding tahun sebelumnya Rp 1,3 miliar.

“Memang ada penurunan dari sebelumnya. Pemangkasan anggaran ini karena ada recofusing anggaran karena pademi covid-19,” ujarnya.

Lanjut Dandim, selain membangun akses jalan, pihaknya pada TMMD tahun ini juga membangun 2 unit rutilahu, 5 unit jambanisasi, rehab masjid dan poskambling untuk warga sekitar. Ia menyatakan, seluruh kegiatan TMMD akan dibantu Polres Cilegon dan masyarakat sekitar.

“Apa yang kami bangun ini tidak berbenturan dengan anggaran DPW-Kel milik pemerintah. Karena setiap tahun, pemerintah daerah harus menganggarkan sebagian APBD untuk tentara sebagai bakti sosial kepada masyarakat,” lanjutnya.

Baca juga  Walikota Helldy Nilai Bantuan UEP untuk KUBE di 8 Kecamatan Belum Merata

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengapresiapsi semangat yang dilakukan oleh prajurit TNI dan Polri yang bersama-sama membantu pemerintah untuk meningkatkan insfrastruktur pembangunan di Kota Cilegon.

“Dari pemerintah, justru kami men-support sisi anggaranya. Kami berharap semua bisa teralisasi. Dalam hal ini juga, saya pun mengharapkan adanya partisipasi dari pihak industri yang juga ikut membantu pemerintah untuk mensukseskan pembangunan ini,” pungkasnya. (Ully/Red)