Walikota Serang, Syafrudin saat memantau pelaksaan vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Bank Indonesia (BI) Banten di di Gedung Untirta Baru Sindangsari, Kabupaten Serang, pagi tadi,” Selasa (3/8/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Asisten Daerah 1 Pemprov Banten, Septo Kalnadi menyebut, jika tingkat penyerapan vaksinasi covid-19 di Kota Serang mencapai 24,76 persen. Angka ini dianggap masih belum mencapai target yang diharapkan.

“Sampai dengan 31 Juli 2021, total warga di Kota Serang yang sudah di vaksin baru sekitar 24,76 persen,” kata Septo kepada Selatsunda.com ditemui usai kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh KPw BI Banten di Gedung Untirta Baru Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa (3/8/2021).

Septo menjabarkan, secara keseluruhan warga di Banten yang sudah divaksin dosis pertama sekitar 1.729.488 sasaran atau baru mencapai 18,74 persen. Sementara pada vaksin dosis kedua mencapai 790.864 sasaran atau 8,57 persen. Sasaran tersebut meliputi SDM Kesehatan, petugas publik, lansia dan masyarakat umum.

Baca juga  Miris ! 7 KK di Cilegon Tinggal di Gubuk Beralas Triplek dan Tak Punya MCK

“Jadi total target vaksinasi di Banten sendiri sebenarnya 9,2 juta. Tapi baru tervaksin sebanyak 1,7 juta atau baru sekitar 19,04 persen,” bebebr Septo.

Menanggapi hal ini, Walikota Serang, Syafrudin mengaku jika tingkat vaksinasi di Kota Serang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain di Banten.

“Ini mah sudah bagus malah pencapaiannya. Kalau daerah lain masih dibawah 10 persen. Kalau kita (Kota Serang) sudah diangka 20 persen,” kata Syafrudin kepada awak media ditemui disela-sela.

Syafrudin menjelaskan, pihaknya mencatat masyarakat Serang yang menjalani vaksinasi mencapai sekitar 100 ribu. Ia optimis dalam target dapat tercapai pada
beberapa bulan ke depan.

“Masih ada beberapa bulan lagi Kota Serang bisa menembus 100 persen. Kami optimis, seluruh warga Kota Serang dapat di vaksinasi. Sekarang saja masyarakat justru yang mencari vaksin. Jadi enggak ada lagi ketakutan warga Serang untuk di vaksin,” jelasnya.

Baca juga  Kota Cilegon Kerap Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya!

Politisi PAN ini menyatakan, vaksinasi covid-19 memang tak menjadi jaminan masyarakat terbebas penyakit Covid-19 (virus corona). Akan tetapi, dengan vaksinasi ini akan menambah kekebalan tubuh manusia untuk melawan pademi Covid-19.

“Vaksin memang bukan jaminan manusia terbebas virus corona. Yang penting perketat 5M. Mau 5 karung uang punya Pemprov Banten dan Pemkot Serang untuk corona kalau masyarakatnya abai prokes sama aja,” pungkas Syafrudin. (Ully/Red)