Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik diwawancarai di DPRD Kota Cilegon, Senin (22/11/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik mencium ada aroma politis dalam pemilihan Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM). Hasbi menduga ada sesuatu temuan yang menjadi masalah sehingga Walikota Cilegon, Helldy Agustian selaku kuasa pemegang saham PCM belum menetapkan pimpinan BUMD Kota Cilegon itu. Termasuk juga calon direktur operasional serta dua komisaris PCM.

“Tentu saya mencium ini ada aroma politis, kalau tidak mencium kenapa mesti lama-lama. Harusnya bicaranya profesionalisme,” ungkap Hasbi ditemui di DPRD Cilegon, Senin (22/11/2021).

“Saya berpendapat jangan-jangan hasil telisikan intelejen yang dijagokan tidak memenuhi syarat seperti yang diinginkan (kepala daerah). Sehingga sekarang ini kenyataannya penetapannya menjadi lama,” sambungnya.

Mestinya, kata Hasbi, penetapan direksi dan komisaris tidak perlu lama dan sejatinya dilakukan secara profesional. Karena seluruh tahapan baik mulai dari seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatuhan (UKK), wawancara telah ditempuh seluruh calon.

Baca juga  Lintasan Rel Area Pelabuhan Merak Diperbaiki, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin Kendaraan Malam Hari

“Jangan lama-lama lah karena dari tiga besar yang telah diputuskan itu, sudah secepatnya ditentukan (calon terpilih),” bebernya.

Masalah PCM tidak hanya menyangkut lamanya penetapan direksi dan komisaris. Politisi Partai Gerindra ini juga menyinggung keras soal kosongnya jabatan Plt Direktur yang diketahui tidak lagi diperpanjang.

Menurutnya, jabatan pimpinan sementara BUMD itu seolah sengaja dibuat kosong. Padahal semestinya harus diisi agar operasional PCM tetap berjalan. Apakah diisi dengan memperpanjang masa jabatan Plt Direktur sebelumnya atau memilih yang lain, opsi itu harus cepat diputuskan Walikota Helldy.

“Sekarang ini semu. Seolah-olah nggak penting padahal sangat penting. Kalau ada jawaban pimpinan eksekutif, hanya sebulan dua bulan, kan tidak begitu jawabannya. Kalau mau diperpanjang saja dulu, sampai ada definitif. Ini kan malah kekosongan jabatan. Kalau tidak percaya, diganti dengan yang dipercaya supaya tidak ada kekosongan jabatan,” tegas Hasbi.

Baca juga  Waspada, Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Diprediksi Landa Banten Malam Ini

Diketahui pada September lalu, Pemkot Cilegon telah menetapkan tiga nama calon direktur utama PCM yakni Mulyadi, Muhammad Willy dan Yudi Zartika Agusta.

Sementara untuk tiga besar calon Direktur Operasional yakni Andri Nugroho, Eko Didik Harnoko dan Rocky Edison Situmorang.

Untuk calon tiga besar Komisaris Independen yang lolos yakni Mokhamad Nur Sukma, Muhammad Syaukani, terakhir Noor Yudhono. Sementara dua nama komisaris unsur ASN yaitu Syafrudin dan Tunggul Fernando Simanjuntak. (Ronald/Red)