Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik memberi edukasi demorkasi kepada pelajar dalam kegiatan Simulasi Rapat Paripurna di DPRD Kota Cilegon. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Suasana sidang paripurna di Gedung Paripurna DPRD Kota Cilegon tampak akrab antara Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik dengan siswa dari SMK BCA Kota Cilegon, Senin (4/12/2023). Komunikasi yang terjalin antara Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik dengan para pelajar begitu interaktif. Kegiatan itu adalah simulasi pengenalan jalannya sidang paripurna sebagai bagian dari pengenalan tentang DPRD kepada para pelajar.

Terlihat saat rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi memimpin kegiatan selaku pimpinan rapat. Pada kegiatan itu, rapat paripurna yang biasanya dihadiri anggota dewan, saat itu kursi dewan diduduki oleh para siswa.

Wakil Ketua Hasbi memberikan pembelajaran kepada siswa mengenai tata cara sidang paripurna mulai dari kehadiran anggota dewan, pembukaan hingga rapat paripurna selesai.

Tampak usai rapat, Hasbi bertanya kepada siswa adakah hal yang ditanyakan. Para siswa terlihat begitu antusias bertanya. Ada yang bertanya terkait sanksi jika anggota dewan tidak hadir, ada juga yang bertanya bagaimana kebijakan yang diambil pimpinan rapat jika terdapat anggota yang setuju dan tidak setuju. Hal itu pun kemudian dijawab satu per satu oleh Wakil Ketua Hasbi.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik mengatakan, pengenalan tentang DPRD kepada pelajar merupakan bagian dari edukasi politik.

“Jadi kegiatan ini bagian dari edukasi politik, mengenalkan kepada para siswa tentang berdemokrasi di DPRD. Seperti contohnya pelaksanaan rapat paripurna. Saya memberikan contoh bagaimana memimpin rapat paripurna, mulai dari undangan, kedatangan, tanda tangan, tandatangan disampaikan berapa jumlah yang hadir, kemudian pembukaan, sidang ditutup sampai notulen rapat hingga semua di dokumentasikan,” ujarnya.

Ia menyatakan, contoh yang disampaikan pada rapat paripurna tersebut merupakan bagian dari proses demokrasi. Di mana salah satunya seperti saat pimpinan membuka rapat meminta persetujuan dari seluruh anggota dewan.

“Rapat paripurna ini, rapat tertinggi di DPRD. Bahwa ada tata caranya, pertama disampaikan pembukaan dibacakan jumlah yang hadir termasuk dibuka dengan ketukan palu, bahwa itu sebagai bentuk bahwa rapat ini dibuka. Termasuk disampaikan dalam acara meminta persetujuan kepada anggota dewan. Baru setelah persetujuan, baru ke acara pokok. Itu bagian dari demokrasi,” ungkapnya.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

Hasbi mengungkapkan, kegiatan itu begitu interaktif. Pelajar antusias bertanya, itu tandanya mereka ingin banyak mengetahui tentang tugas dan fungsi anggota dewan. Ia berharap kegiatan itu memberikan banyak manfaat kepada para pelajar. Agar kedepan jika menjadi anggota dewan, mereka sudah memahami tugas dan fungsi DPRD.

“Tadi begitu interaktif. Karena banyak pertanyaan bagus bagus. Mereka bertanya hak hak di DPRD, kemudian berapa jam kerjanya, Saya kita adik-adik siswa ini sudah mengenal, sepintas yang saya sampaikan, inilah DPRD,” pungkasnya. (ADV)