Warga berkerumun dan antre di Kantor Pos Cabang Serang untuk mencairan BLT (Bantuan Langsung Tunai), Jumat (22/5/2020). Foto Elfrida Ully Artha/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Ratusan warga di Kota Serang telihat berkerumun di Kantor Pos Cabang Kota Serang, Jumat (22/5/2020). Mereka mengantre untuk mengambil Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat.

Pantauan Selatsunda.com di lokasi, warga memadati Kantor Pos mulai jam 08.00 WIB. Warga rela berdesakan dan berkerumun untuk dapat mengambil BLT. Kebanyakan warga tampak menggunakan masker namun adapula beberapa tidak menggunakan masker. Tampak antar warga masih mengabaikan physical distancing atau jaga jarak. Tak terlihat juga aparat kepolisian melakukan penjagaan untuk mengantisipasi situasi di lokasi.

Salah salah satu warga dari Kecamatan Curug, Hasanah sangat menyayangkan mekanisme pengambilan BLT di kantor pos. Panitia, kata dia, semestinya menjapankan protokol kesehatan saat pembagian BLT tersebut. Namun dalam kondisi itu, dirinya rela antre berdesakan antar warga.

“Seharusnya panitia dan petugas COVID-19 lebih memperhatikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan,” kata Hasanah.

Hasanah meminta, pihak Kantor Pos Serang
dalam penyaluran tahap kedua bisa menempatkan petugas melakukan penjagaan dan pengaturan antrean. Antre dengan berdesakan sangat berisiko penularan Covid-19.

“Seharusnya sih begitu. Karena bagaimana bisa memutus rantai virus Covid-19 jika kita sendiri tidak mematuhi aturan tersebut,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Pos Cabang Serang, M. Syarif menjelaskan, bila penyaluran BLT di Kota Serang sudah terjadwalkan di masing-masing titik di Kota Serang. Kata dia, warga yang datang ke Kantor Pos tadi pagi merupakan penerima yang tidak hadir saat penyaluran sebelumnya.

“Jadi yang datang ke sini sebenarnya mereka (penerima BLT,red) tidak datang waktu pengambilan di kelurahan. Makannya di datang ke Kantor Pos. Dan penyaluran BLT pun sudah kita bagikan di 6 kecamatan di Kota Serangz (Walantaka, Taktakan, Serang, Cipocok Jaya, Curug dan Kasemen),” kata Syarif.

Syarif menyatakan, jumlah penerima BLT di Kota Serang berdasarkan data yang tercatat oleh pihaknya dari pusat sebanyak 13.544 orang. Untuk penerima BLT pada tahap pertama ebanyak 3.500 orang.

“Saat ini masih tahap pertama yang menerima BLT. Kemungkinan untuk tahap kedua akan disalurkan usai Lebaran mendagang,” ucapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here