WH Janji Tangani Banjir Cilegon

78

CILEGON, SSC – Gubernur Banten, Wahidin Halim berjanji akan menangani permasalahan banjir yang terjadi di Kota Cilegon. Dalam jangka pendek, WH berjanji akan segera mengambil langkah menormalisasi sungai dengan menganggarkan dana pada APBD Perubahan 2018.

“Memang paling tidak ada normalisasi, ada perbaikan jembatan. Kalau perlu disamping normalisasi harus dipasang tanggul. Kan sungainya kecil, apalagi ini banjir kiriman (Kabupaten Serang, red),” ungkap Wahidin kepada awak media usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Cilegon, Jumat (28/4/2018).

Belajar dari pengalamannya sebagai Walikota Tangerang ketika banjir Sungai Cisadane meluap, kata Wahidin, upaya menormalisasi sungai menjadi solusi penanganan banjir. Langkah itu dilakukan supaya aliran air ke anak-anak sungai dapat berjalan normal.

“Memang sungai – sungai kita harus ada normalisasi. Kalau di Tangerang, sungai Cisadane, dalam tiga tahun saya bikin tanggul dan sebagainya. Termasuk mengaktifkan danau-danau,” terangnya.

Disinggung soal penyebab lain seperti maraknya aktivitas galian C, hal itu diakui telah menjadi kajian oleh pihaknya. Pemprov akan berkoordinasi dengan pemkot Cilegon untuk mengecek keberadaan aktivitas itu.

“Itu yang menjadi kajian kita. Karena galian C itu, ijinnya ada di kita. Nanti saya minta bantuan ke pak (plt, red) wali kota juga untuk cek izinnya, tertibkan sejauh mana dampaknya. Tapi yang izin dari kita, sudah di cek, ada analisa dampak lingkungan,” tegasnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here