Perkuat Pengawasan, KSOP Siap Operasikan KN P 372

0
16

CILEGON, SSC – KN P 372 bakal memperkuat armada kapal patroli Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Banten. Kapal yang dibuat oleh salah satu galangan kapal di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur itu nantinya akan melakukan pengawasan dan penertiban kegiatan lalu lintas kapal yang melintas di wilayah Perairan Banten.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang Patroli dan Keselamatan Pelayaran KSOP Banten,  Thomas Chandra mengatakan, KN P 372 akan segera dioperasikan dalam mendukung armada kapal patroli KSOP. Sekalipun belum diserahterimakan namun pihaknya turut bangga atas kapal yang dibuat oleh anak bangsa itu. Kapal itu mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot perjam.

“saat ini kami sedang menunggu serahterima. Kalau sudah oke, nanti kapal baru bisa dioperasikan membantu memperkuat armada kita. Dari kecepatannya, kapal ini kapal cepat dan mampu dengan kecepatan maksimal 24 knot,” ungkapnya, Jumat (27/4).

Kehadiran KN P 372, sambung Thomas, menambah armada kapal KSOP yang telah ada. Diketahui, KSOP saat ini memiliki dua armada kapal baik 1 kapal kelas 5 dan 1 kapal kelas 3. Dengan 3 kapal, menurutnya, pengawasan laut di Banten, tergolong cukup ideal.

“Sementara saat ini, kapal KSOP punya kapal kelas 3 dan kelas 5. Itu kapal KN 333 dan kN 530. Kalau sudah ada KN 372, itu memperkuat armada kapal kelas 5 disini mengawasi perairan Banten,” paparnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here