Para kepala daerah yang menjadi peserta Rakomkorwil III Apeksi melakukan kunjungan ke TPSA Bagendung, Kota Cilegon untuk belajar mengenai pengelolaan sampah, Senin (8/5/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kepala daerah yang menjadi peserta Rakorkomwil III Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (APEKSI) melakukan kunjungan kerja ke PT Chandra Asri dan TPSA Bagendung, Senin (8/5/2023). Para kepala daerah datang berkunjung ke Chandra Asri dan TPSA Bagendung untuk belajar pengelolaan sampah.

Dalam agenda tersebut, para kepala daerah terlebih dahulu melakukan kunjungan ke PT Chandra Asri. Kemudian para peserta melanjutkan kunjungan ke TPSA Bagendung.

Kepala daerah berfoto bersama saat di TPSA Bagendung

Saat di TPSA Bagendung, seluruh peserta Apeksi disambut dan dijelaskan mengenai mekanisme proses produksi BBJP oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra.

Ketua Komwil III APEKSI yang juga menjabat sebagai Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengapresiasi pengelolaan sampah yang ada di Kota Cilegon. Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, sangat tertarik dengan sistem pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemkot Cilegon.

Baca juga  Walikota Cilegon Helldy Kumpulkan Pejabat di Rumah Dinas, Apa Yang Dibahas?

“Tentunya kami (Pemkot Tegal) sangat tertarik dengan hal ini (pengelolaan sampah) dan secara pribadi, Pemkot Tegal bisa meniru Kota Cilegon,” kata Dedy Yon Supriyono kepada awak media usai ditemui di TPSA Bagendung.

Pabrik pengelolaan sampah yang ada di TPSA Bagendung

Sementara itu, Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, dalam pengelolaan sampah, Pemkot Cilegon menerima anggaran hibah dari PT PLN (Persero) dengan total Rp 10 miliar.

“Jadi dalam pengelolaan sampah ini, tidak ada anggaran apapun yang dikucurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon sebesar Rp 10 miliar. Kemudian rencananya, Cilegon akan menerima bantuan dari bank dunia melalui PUPR pusat kurang lebih Rp 100 hingga Rp 200 miliar dengan kapasitas 200 ton perhari,” tambah Helldy.

Baca juga  Pemkot Cilegon Masih Kaji Rencana Pemindahan RKUD ke Bank Banten

Terpisah, Direktut PT. Chandra Asri, Edi Rivai usai menerima kunjungan para peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 mengatakan, jika Chandra Asri sangat mendukung dan mensuport ekonomi nasional, serta memperkenalkan keterlibatan Chandra Asri dalam pengelolaan sampah.

“Kita berharap dengan kunjungan ini, ada tindak lanjut dari penawaran kami kepada peserta APEKSI untuk kerjasama pengelolaan sampah di kota-kota. Sehingga dapat menghasilkan dan bermanfaat secara ekonomi serta berkelanjutan,” kata Edi Rivai.

“Allhamdulilah, tadi Wali Kota Bogor sekaligus ketua APEKSI, pak Bima Arya berbicara dan merencanakan akan mengajak DLH Kota Bogor untuk berkunjung dan memahami pemanfaatan sampah plastik untuk aspal,” pungkasnya. (Adv)