CILEGON, SSC – Kesan yang mendalam begitu dirasakan oleh para wali kota yang mengikuti penyelenggaraan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Cilegon. Diantara mereka tidak menyangka bahwa Cilegon merupakan kota yang kaya potensi. Baik mulai dari seni, budaya, industri hingga kulinernya.

Seperti yang diungkapkan Ketua Umum APEKSI Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya Sugiarto yang merupakan Wali Kota Bogor mengaku baru pertama kali datang ke Kota Cilegon.

“Ini saya pertama lho datang ke Cilegon. Seumur-umur baru kali ini menginap di Cilegon. Biasanya ya hanya lewat saja. Jadi selama dua hari di Cilegon, Pak Helldy sukses memberi kesan mendalam soal Cilegon,” kata Bima dalam sambutanya pada pembukaan Rakorkomwil III APEKSI di The Royale Krakatau Hotel Cilegon, Senin (8/5/2023).

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian memberi sambutan dalam kegiatan Rakorkomwil III Apeksi

Bima mengungkapkan, selama ini pihaknya hanya mengetahui jika Cilegon adalah kota di mana PT Krakatau Steel, berada.

Baca juga  Selama Lebaran, Volume Sampah di Cilegon Naik Hingga 15 Persen

“Jujur saya hanya tahu kalau Cilegon itu hanya ada PT Krakatau Steel. Tapi rupanya, selain PT KS, rupanya ada makanan khas Cilegon kan. Kesenian debusnya pun oke juga. Uniknya lagi, bagaimana caranya itu masukin spanduk ke dalam kelapa,” ujar Bima.

Selama dua hari di Cilegon, Bima Arya mengaku senang melihat passion, ghiroh dan semangat Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang berupaya memberikan pelayanan terbaik buat para peserta Rakorkomwil III APEKSI.

“Kalau jadi wali kota enggak semangat, bagaimana warganya mau semangat. Kalau walikotanya enggak berinovasi, bagaimana kepala OPD-nya mau inovasi,” ujarnya.

Tak hanya soal penyambutan acara APEKSI, Bima Arya juga mengapresiasi kerja-kerja nyata Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Helldy Agustian.

“Ini baru dua tahun penghargaannya sudah 30-an. Bahkan sudah ada percontohan nasional pengolahan sampah,” ungkap Wali Kota Bogor itu.

Ketua Komisariat Wilayah III APEKSI Dedy Yon Supriyono juga mengaku terkesan dengan kegiatan APEKSI di Kota Cilegon.

Baca juga  Tingkatkan Retribusi, Perusahaan yang Gunakan  Tenaga Kerja Asing di Cilegon Dikumpulkan

“Saya merasakan layanannya, jamuan dan fasilitasnya luar biasa. Ini tempat (The Royale Krakatau Hotel Cilegon) bersejarah, banyak tokoh yang sudah bermalam disini,” kata Wali Kota Tegal itu.

Sementara itu, Direkrut Eksekutif APEKSI Alwis Rustam juga mengaku semakin mengenal Cilegon setelah dua hari berada di kota tersebut. “Jujur saya terkesan karena biasanya hanya lewat saja tidak mampir. Sekarang kita tahu ternyata Cilegon kaya budaya dan tradisi, termasuk kulinernya,” kata dia.

Sambung Alwis, saat para walikota melakukan beberapa kunjungan ke PT Candra Asri untuk belajar pengolahan sampah, dirinya pun merasa kagum dan terpesona.

“Ini menjadi pembelajaran berharga ketika kami dibawa ke lapangan industri. Bahkan beberapa daerah akan ada follow up dengan CAP (Chandra Asri Petrochemical) akan ada MoU soal aspal plastik,” terangnya. (Adv)