Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono saat ditemui Selatsunda.com,” Selasa (23/2/2021). Foto : Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Polres Cilegon akan mengerahkan 450 personel untuk mengamankan prosesi pasca pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon yang akan digelar pada Jumat (26/2/2021) mendatang.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan, ratusan personel dikerahkan  untuk menjaga keamanan dalam rangkaian kegiatan penyambutan di Rumah Dinas (Rumdis) Kota dan Paripurna pasca pelantikan yang rencananya digelar di Pendopo Gubernur Banten.

“Sesuai dengan jadwal yang kami terima, jika pelantikan walikota dan wakil walikota Cilegon akan digelar pada 26 Febuari 2021. Untuk mengamankan proses pelantikan, kami (Polres Cilegon) akan mengerahkan 450 personel yang terdiri dari 350 personel dari Polres Cilegon dan 150 personel dari KBO Polda Banten,” kata Kapolres kepada Selatsunda.com, Selasa (23/2/2021).

Baca juga  Moncer di Pileg 2019, PAN Siapkan Kader di Pilkada Cilegon 2024

Sejauh ini, kata Kapolres, tidak ada pengamanan yang dilakukan secara ekstra.
Meski demikian potensi gangguan keamanan tetap diantisipasi.

“Tentu potensi-potensi terjadi gejolak pasti ada, tapi kami akan dalami semua itu. Kami cukup menjaga kemanan dan kenyamanan penyelenggaraan pelantikan walikota dan wakil walikota Cilegon,” terangnya.

Ia menambahkan, pengamanan pelantikan Helldy-Sanuji selain personel kepolisian juga melibatkan unsur dari TNI. Pihaknya pada H-1 pelantikan akan melakukan patroli di Kota Cilegon untuk mengantisipasi terjadinya euforia dari tim pendukung Helldy-Sanuji.

“Kami meminta agar tim pendukung dari Helldy-Sanuji untuk menyaksikan pelantikan melalui media massa atau melalui live streaming untuk menghindari terjadinya kerumunan di tengah pademi covid-19,” terangnya.

Baca juga  Larangan Warung Nasi Buka di Siang Hari Tuai Kontroversi, Ini Penjelasan Walikota Serang Syafrudin

Pada hari pelaksanaan, juga kata Kapolres, masyarakat disarankan tidak perlu mengikuti kegiatan prosesi. Itu diminta untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami sarankan untuk semua masyarakat maupun tim pendukung salah satu pihak agar tidak usah datang ke acara pelantikan. Cukup saling menjaga dan mensupport agar walikota-wakil walikota untuk bekerja dengan baik,” pungkasnya. (Ully/Red)