Kepala Bappedalitbang Kota Cilegon Wilastri Rahayu saat diwawancara Selatsunda.con di ruang kerjanya," Senin (20/2/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Cilegon menyatakan warga miskin di Kota Cilegon mengalami penurunan yang dratis pada Tahun 2022 mencapai 3,64 persen. Angka ini turun dibandingkan Tahun 2021 yakni 4,24 persen.

Kepala Bappedalitbang Kota Cilegon, Wilastri Rahayu mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS),  angka kemiskinan pada 2022 Kota Cilegon turun dibandingkan 2021. Pada 2021 angka kemiskinan Cilegon mencapai 18.890 jiwa. Sementara pada Tahun 2022 turun menjadi 16.460 jiwa atau sekitar 3,64 persen. Kemiskinan di Cilegon masuk peringkat kedua terendah setelah Kota Tangerang Selatan.

“Cilegon masuk urutan nomor dua miskin kedua dibandingkan dengan kota/kabupaten di Provinsi Banten dan kota-kota lain. Sedangkan kota yang paling kecil penduduk miskinnya ada di Kota Tangerang Selatan,” Wilastri kepada Selatsunda.com, Selasa (17/10/2023).

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Diungkapkan Wilastri, beberapa faktor kemiskinan di Cilegon menurun yakni, banyaknya intervensi yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, terjadinya peningkatan pada daya beli masyarakat, pemberian bantuan sosial dan ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Dari segi kesehatan juga menjadi faktor kemiskinan Cilegon menurun. Yang biasanya masyarakat banyak menggeluarkan uang untuk kesehatan, tapi karena pemerintah punya program kesehatan jadi pengeluaran tersebut untuk kebutuhan yang lain,” ungkapnya.

Ia menambahkan persoalan ketimpangan ekonomi merupakan masalah yang harus segera diselesaikan melalui sejumlah program yang inovatif.

“Kota Cilegon memiliki angka kemiskinan terendah kedua. Angka pengangguran juga terus mengalami penurunan. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras,” tambahnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia menjelaskan, pengentasan angka kemiskinan dan pengangguran merupakan salah satu konsentrasi Pemkot Cilegon saat ini. Yakni dengan secara serius menangani baik kemiskinan dan pengangguran. (Ully/Red)