CILEGON, SSC – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) disomasi oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri. Surat yang dilayangkan PCM langsung kepada Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi itu disinyalir menyangkut tentang kepastian pembebasan lahan dan gedung PCM yang mana dinilai telah digunakan untuk ekspansi area dermaga VII, Pelabuhan Merak.

General Manager PT ASDP Cabang Merak, Fahmi Alweni menyayangkan somasi yang dilayangkan PCM beberapa waktu lalu itu. Menurutnya somasi itu tidak perlu. Ia menilai, diantara kedua belah pihak terjadi miss komunikasi terkait penentuan harga pembebasan lahan yang belum disepakati karena masih menunggu hasil Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang ditunjuk.

“KJPP dia (PCM) dan KJPP kita tidak ketemu, sehingga kemudian dilakukan KJPP ulang kembali. Nah sementara KJPP ulang ini sedang berjalan dan belum ada hasil, dan tidak mungkin kita beli (lahan PCM) tanpa ada KJPP, ini malah melayangkan somasi ke ASDP pusat,” ungkapnya, Rabu (30/5/2018).

Fahmi menjelaskan, pembebasan itu memang cukup membutuhkan waktu. Karena tidak hanya PCM saja namun appraisal juga menyangkut lahan perorangan lain yang turut terkena dampak ekspansi dermaga VII.

“Selain lahan milik PCM itu, ada juga lahan sekitarnya juga milik perorangan dan milik OPP yang akan kita bebaskan. Lahan PCM itu sekitar 2.800 meter persegi, dulu dia ajukan ke kita Rp18 miliar, sementara dari kita Rp16 miliar. Makanya perlu ada KJPP ulang ini. Luas lahan darat yang akan kita bebaskan itu kalau digabungkan mungkin sekitar satu hektaran,” tuturnya.

Sementara, Direktur Operasional dan Komersil PT PCM, Akmal Firmansyah dikonfirmasi membenarkan surat somasi itu. Hal itu didesak karena PCM butuh kepastian legalitas. ASDP diminta tidak sewenang-wenang membangun tanpa terlebih dahulu memberikan kepastian pembebasan lahan.

“Ya komunikasinya putus, gimana? wajar kalau ada orang legal kita yang melayangkan somasi itu. Apalagi ASDP itu main bangun saja, sementara belum ada penawaran (pembebasan lahan) ke kita. Sekarang kita tunggu sikap dari ASDP,” ungkap Akmal tegas. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here