CILEGON, SSC – PT ASDP Indonesia Ferry telah mengoperasikan Dermaga Premium di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (19/12/2018). Dermaga berkonsep Kawasan Terminal Eksekutif ini akan dijadikan pasar utama ASDP untuk mengekspansi bisnisnya.

Corporate Secretary PT ASDP Pusat, Imelda Alini mengatakan, dermaga premium di Pelabuhan Merak menjadi dermaga penyeberangan pertama di Indonesia dengan kelas premium. Terminal yang ada di demaga ini di desain dengan konsep mall yang diisi tenant-tenant ternama. Selain itu dalam pengembangan tahap kedua, terminal berlantai 4 ini juga akan menyediakan fasilitas hotel.

“Jadi Ini di konsep mall di dermaga eksekutif. Ada mall dengan hotel di lantai atas, itu soon. Saat ini terminal dulu. Kemudian, Tenant-tenant juga awal januari akan penuh semua. Untuk face keduanya, kita akan mulai untuk hotel,” paparnya.

Loket Tiket di Dermaga Premium di desain berbeda dengan loket ekonomi

Kelebihan dermaga premium dibanding dermaga reguler, kata Imelda, terdapat pada penyediaan fasilitasnya. Mall di terminal dapat dijadikan ruang tunggu penumpang baik yang akan naik dan turun dari kapal.

“Penumpang kan selama ini kan biasa menunggu di dermaga yang kurang nyaman, panas. Nah sekarang mereka bisa istirahat, ada valley juga di bawah, ada food and beverage, jadi mereka bisa lebih nyaman. Ini tidak di khususkan saja ke penumpang saja, masyarakat juga bisa berkunjung disini,” ujarnya.

Selain fasilitas di terminal, Dermaga mewah ini juga menyediakan 4 kapal eksekutif milik ASDP berukuran besar dengan waktu tempuh perjalanan yang singkat. Kapal diberlakukan tarif khusus yang terjangkau. Di dalam kapal eksekutif juga disediakan fasilitas yang berbeda dibanding dengan kapal lain.

Garbarata atau jembatan berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang dengan kapal.

“Kapal disini kita sediakan kapal eksekutif, kapal khusus punya ASDP. Kapalnya juga dengan GT lebih besar diatas 5ribu GT. Dan speed-nya 1 jam, beda dengan kapal lain,” urai Imelda.

Ia berharap, pengoperasian dermaga dapat menjadi pasar baru dalam mengembangkan bisnis penyeberangan ASDP. Masyarakat yang selama ini menggunakan moda trasportasi udara dapat beralih menggunakan trasportasi laut.

“Ini kan destinasi baru untuk di cilegon, ada mall disini. Kemudian, orang Jakarta kan selama ini beberapa kelas yang family, mereka malas naik kapal tetapi menggunakan pesawat. Sekarang dengan adanya kapal dan dermaga eksekutif ini, kita harap grand market baru ini bisa kita raih baru lagi,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu penumpang KMP Sebuku, Yurni mengaku sangat puas dengan pelayanan dermaga premium. Tiket penyeberangan yang dibeli dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, kata dia, sebanding dengan fasilitas yang diperolehnya.

“Mantap pak, ruang tunggunya benar-benar okay. Di terminal ada ruang tunggu yang nyaman, ada eskalatornya, ruangannya juga dingin. Memang harganya berbeda tetapi sebanging yang di dapat,” ujar penumpang asal Lampung ini. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here