Kepala BKPP Cilegon, Tb Heri Mardiana diwawancara di kantornya, Senin (13/1/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Foto atau gambar bakal calon kepala daerah Kota Cilegon di Pilkada 2020 sudah ramai beredar di media sosial. Hal ini pun menjadi atensi serius yang disikapi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon dalam melarang ASN turut serta mengunggah gambar/foto bakal calon kepala daerah. Karena bukan tidak mungkin dalam medsos ada ASN yang turut berpolitik sekedar memberi ikon like, berkomentar atau bahkan mempublikasinya.

Kepala BKPP Kota Cilegon, Tb Heri Mardiana mengatakan, larangan tentang ASN berpolitik sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Penegasan larangan tersebut patut disampaikan pihaknya agar ASN benar-benar bisa mematuhi aturan yang ada karena saat ini sudah masuk dalam tahapan pilkada 2020.

“Dalam Undang-undang, (larangan) itu sudah jelas. Bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,” ujarnya ditemui diruangan kerjanya, Senin (13/2020).

Ia menyatakan, salah satu yang sangat diawasi BKPP pada aturan tersebut mengenai indikasi-indikasi ASN mengunggah, menyebarluaskan gambar atau foto bakal calon atau bakal pasangan calon Kepala Daerah melalui media online maupun media sosial.

“Selain larangan memasang spanduk baliho, publikasi medsos itu (mengunggah foto bacalon kada) sama saja. Mengunggah dilarang, itu sama saja,” tuturnya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada laporan ASN turut terlibat berpolitik. Jikapun ada yang terbukti melanggar aturan maka akan dikenakan sanksi.

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan kepada seluruh ASN di lingkup Pemkot Cilegon dan meminta benar-benar memperhatikan larangan yang berlaku untuk menjaga netralitas.

“Sampai saat ini belum ada, dan mudah-mudahan tidak ada di Cilegon. Tetapi tetap kita minta ASN untuk memperhatikan itu, bersamaan juga kita melakukan pengawasan di OPD masing-masing,” tegasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here