Atasi Lonjakan Penumpang Malam,  Kemenhub Siapkan Diskon Menyeberang di Siang Hari

0
187

CILEGON,  SSC – Lonjakan  pemudik yang biasa terjadi pada malam hari di Pelabuhan Merak masih menjadi persoalan serius. Kementerian Perhubungan pun berencana memberikan diskon khusus untuk pemudik di siang hari.

“Kita memberikan reward ke masyarakat agar berangkatnya siang.  Diskon untuk biaya menyeberangnya itu. Jadi mereka (pemudik) kalau diskon,  berangkat pada siang.  Supaya malam tidak menumpuk, ” ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi  usai menggelar rapat koordinasi  gabungan di Pelabuhan Merak,  Cilegon,  Selasa (22/5/2018).

Rencana tersebut,  kata Dirjen Darat,  setelah pihaknya melakukan evaluasi lonjakan pemudik Lebaran yang terjadi setiap tahun di Pelabuhan Merak.  Pola itu,  kata dia,  harus diubah agar pemudik dapat menyeberang siang hari.

“Ternyata dari hasil Informasi tadi,  bawa (pemudik) motor itu,  perilaku baik motor dan mobil itu, kalau malam itu baru ada lonjakan.  Artinya,  saya harus merubah bagaimana supaya siang, masyarakat kita ubah mindsetnya supaya siang mereka sudah masuk kedermaga ini untuk nyeberang, ” tuturnya.

Terkait berapa besaran diskon yang akan diberikan kepada pemudik siang hari,  sambung Dirjen,  masih belum final.  Skema itu masih perlu untuk dibahas segera antara Kemenhub bersama Perusahaan Pelayaran yang ada di Lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni.

“Tentunya kita batasi jamnya. Mungkin dari jam 10.00 sampai jam 14.00 wib.  Tetapi lagi saya bahas nanti dengan Gapasdap dan Infa, atau mungkin ASDP sama dengan  Kementerian. Yang jelas,  skema itu coba saya tawarkan supaya masyarakat dapat dialihkan dari malam hari ke siang hari,” paparnya (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here