KMP Jatra 1 uji sandar di Dermaga 7,Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Dermaga 7, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon akan segera di operasikan. Dermaga tambahan yang ada disebelah dermaga 5 ini dijadwalkan akan beroperasi awal Februari ini.

Kepala Satuan Pelayanan Pelabuhan Merak pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten, Eko Purwanto mengatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menginstruksikan pihaknya untuk segera mengatur jadwal kapal sehubungan dengan rencana pengoperasioan dermaga 7. Adanya instruksi tersebut, lanjutnya, pihaknya langsung melakukan finalisasi jadwal kapal.

“Yang saya tahu pak Dirjen sudah meminta ASDP untuk mengoperasikan dermaga 7.  ASDP juga sudah bersurat ke kepala BPTD, kalau dermaga 7 siap dioeprasikan. Sekarang ini, kita sedang melakukan finalisasi jadwal dari 1 februari sampai 28 februari, itu jadwal 1 bulan,” ujar Eko usai rapat pembahasan tersebut di kantor DPC Gapasdap Merak, Pelabuhan Merak, Cilegon,  Senin (28/1/2019).

Dari hasil pembahasan dengan perusahaan pelayaran, lanjutnya, skema jadwal kapal telah disusun sementara. Kapal akan dioperasikan sebanyak 30 kapal. Namun untuk merampungkan itu, jadwal akan di finalisasi selama dua hari kedepan.

“Jadi untuk di dermaga 1 sebanyak 6 kapal, dermaga 2 sebanyak 6 kapal, dermaga 3 ada 5 kapal, dermaga 5 ada 5 kapal dan dermaga 7 sebanyak 5 kapal  jadi totalnya 27 ditambah dermaga eksekutif 3 kapal,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gapasdap Merak, Togar Napitupulu menyatakan, pengoperasian dermaga 7 menjadi salah satu infrastruktur yang mendukung pelayanan penumpang di Pelabuhan Merak. Ia berharap, dengan tambahan dermaga ini dapat menambah trip kapal perusahaan pelayaran di lintasan Pelabuhan Merak-Bakauheni. Jadwal yang dibuat juga diharapkan dapar ditetapkan sesuai azas keadilan.

“Jadi nanti (kapal kecil, sedang, besar) campur, niatannya untuk menyamakan jumlah trip. Makanya sekarang ini sedang di uji coba. Jadi siapa-siapa yang bisa, tinggal di geser-geser. Semuanya bisa bergantian. Prinsipnya kita mintanya azas keadilan dan tidak ada perbedaan. Tidak ada (kapal) yang lebih banyak, tidak ada yang lebih sedikit,” paparnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?