Tenaga medis di Mes Atlet milik PT Krakatau Steel tengah melalukan olahraga ke 5 pasien OTG Covid-19,” Senin (2/8/2021). Foto : istimewa

CILEGON, SSC – Mes Atlet milik PT Krakatau Steel sudah mulai dioperasikan sejak Jumat, 30 Juli 2021. Selama beberapa hari, mes berlokasi di Jalan Bilet 2 Nomor 1 Perumahan Krakatau Steel ini sudah menampung 5 pasien positif Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Penanggung jawab Wisma Covid-19 Bersama, dr Gunawan mengatakan, mes tersebut diperuntukan khusus pasien Covid-19 berjenis kelamin laki-laki yang menjalani isolasi mandiri.

“Sudah masuk 5 pasien untuk menjalani isolasi di sini (mes PT KS). Untuk mes ini kami khusus kan untuk pasien laki-laki. Mengingat kondisi fasilitas tidak memungkinkan untuk pasien perempuan. Jadi kami ingin menjaga privasi pasien jika di tempatkan di sana,” kata Gunawan kepada Selataunda.com di temui di Trans Hotel, Senin (2/8/2021).

Baca juga  Miris ! 7 KK di Cilegon Tinggal di Gubuk Beralas Triplek dan Tak Punya MCK

Lanjut Gunawan, sesuai standard protokol kesehatan (Prokes), pasien menjalani isolasi selama 14 hari. Mes ini bisa menampung hingga 24 pasien dengan berbagai fasilitas baik AC, televisi yang dipasang di luar kamar, kamar mandi 9 unit dan laundry.

“Cukup berbeda memang antara di mes milik KS dengan di Trans Hotel. Jadi, bagi pasien laki-laki kami tempatkan tidak lagi di Trans Hotel,” lanjutnya.

Untuk tenaga kesehatan, kata Gunawan, juga telah disiapkan untuk menjaga para pasien.

“Jadi yang menjaga di sana, ada 10 perawat, 1 dokter, 2 admin dan 2 OB. Serta pengamanan dari Satpol PP sebanyak 6 orang, Tim Tagana 2 orang dan 3 orang driver mobil ambulans,” ujarnya seraya menjelaskan masa kontrak Trans Hotel dan Belet PT Krakatau Steel berakhir hingga Oktober 2021 mendatang. (Ully/Red)