Kru kapal dan penumpang mengibarkan bendera di atas KMP ALS di Selat Sunda, Banten, Sabtu (17/8/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Bendera merah putih dikibarkan di Selat Sunda pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74. Pengibaran yang dilakukan diatas KMP Elvina saat perjalanan dari dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (17/8/2019) mendapat antusias yang tinggi dari penumpang kapal.

Pengibaran bendera dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB. Ratusan peserta dari berbagai elemen baik kru kapal, Komunitas Pajero Banten dan penumpang kapal turut dalam peringatan hari kemerdekaan ini.

Pengibaran bendera tampak berlangsung dengan hikmat. Seluruh peserta upacara memberi hormat saat bendera merah putih dikibarkan pengibar bendera.

Salah satu penumpang kapal, Fadil Afarudin mengaku sangat senang dengan peringatan HUT RI diatas kapal penyeberangan. Peringatan hari kemerdekaan ini, kata dia, merupakan momentum berharga bagi setiap Warga Negara Indonesia membangkitkan semangat nasionalisme.

“Ini adalah konstribusi bagus, buat saya sebagai warga negara indonesia untuk mengikuti peringatan 17 Agustus ini,” ujar pemuda asal Lampung ini.

Peserta dengan hikmat mengikuti upacara bendera diatas kapal

Alfan mengaku, tergugah mengikuti upacara bendera tersebut. Sejak meninggalkan bangku SMA pada tiga tahun silam, pemuda yang saat ini kuliah di Jakarta, baru saat ini bisa mengikuti upacara bendera 17 Agustus.

“Saya terakhir upacara 3 tahun lalu, saat SMA. Dan kali ini saya kembali lagi bisa mengikuti upacara,” terang dia.

Penumpang lainnya, Tumin juga mengutarakan rasa bangga bisa mengikuti upacara diatas kapal. Pria usia 70 tahun asal Jambi ini mengaku senang bisa mengikuti upacara dengan hikmat bersama penumpang lain.

“Ini baru pertama saya ikut upacara diatas kapal, dan rasanya senang sekali bisa sama-sama,” terangnya.

Sementara, Kepala Cabang PT Aman Lintas Samudra (ALS) Merak, Adam Hendriyono yang bertanggungjawab pengoperasian KMP Elvina menyatakan, peaksanaan pengibaran bendera mendapat atusiasme dari penumpang kapal. Sejak awal, penumpang begitu bersemangat mengikuti upacara. Ia berharap, dengan pengibaran bendera di atas kapal ini dapat menjadi momentum memperingati jasa-jasa pahlawan yang berjuang saat kemerdekaan.

“Ternyata para penumpang sangat antusias mengikuti upacara ini. Dari orangtua hingga anak-anak mereka begitu semangat. Artinya, ada semangat begitu besar memperingati jasa-jasa pahlawan kita. Mereka (penumpang) menunjukan begitu cinta dengan NKRI,” terangnya.

Sejauh ini, kata dia, upacara berjalan hikmat dan lancar sekalipun angin terbilang cukup kencang. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahun.

“Walaupun diterpa angin kencang, tapi semangat seluruh peserta begitu tinggi. Kita harap, ini bisa dijadikan agenda setiap tahun,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here