Barang-barang penumpang diperiksa anjing pelacak saat berada di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Sabtu (22/12/2018). Pemeriksaan ini untuk mencari narkoba yang dibawa penumpang. Foto Ist

CILEGON, SSC – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon menggelar razia pengedaran narkoba mulai dari Pelabuhan Merak hingga Terminal Terpadu Merak (TTM), Kota Cilegon. Rasia ini menggunakan anjing pelacak dengab memeriksa barang-barang yang dibawa penumpang.

Kepala BNN Kota Cilegon Asep M Jaelani membenarkan razia yang digelar kali ini dilaksanakan dari Jumat (21/12/2018) hingga Senin (31/12/2018). Kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi pengedaran narkoba melalui jalur laut sekaligus mendukung libur Natal dan Tahun Baru kondusif.

“Kita (BNN,red) mengantisipasi peredaran gelap narkoba yang dimanfaatkan oleh pengedar di momen libur Natal dan Tahun Baru. Pada razia ini juga, kita pun melibatkan anjing pelacak dengan menelusuri titik-titik rawan pengedaran narkoba,” kata Jaelani kepada Selatsunda.com,” Sabtu (22/12/2018).

Selain upaya ini, sambung Jaelani, BNN Cilegon juga melakukan test urine kepada para pengemudi, awak kapal, operator kapal laut, ABK (anak buah kapal), supir bus serta masinis rel kereta api.

“Dengan test urine ini, kami ingin memastikan bahwa pengemudi maupun ABk bersih dari narkoba agar masyatakat yang melaksanakan mudik bisa sampai pada tujuan dan aman,” sambungnya.

Ia berharap, masyarakat maupun operator kapal tetap waspada dan menjauhi narkoba dan berani turut memberantas peredadan barang terlarang itu.

Sementara itu, Tim Berantas BNN Kota Cilegon Wempi Wijaya, razia pengedaran narkoba dibantu oleh Unit K9 (anjing pelacak) BNN Provinsi Banten, Satnarkoba Polres Cilegon dan Kodim 0623 Cilegon.

“Kita akan intens dalam mengantisipasi peredaran narkoba melalui jalur laut. Terlebih lagi, menjelang natal dan tahun baru ini, pengedaran narkoba melalui jalur laut sangat marak dilakukan. Oleh karena itu, dengan pencegahan yang dilakukan kali ini, akan mampu mencegah peredaraan narkoba jalur pelabuhan,” tungkasnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?