Bakal Calon Walikota Cilegon Ali Mujahidin didampingi Bacalon Wakil Walikota Cilegon Firman Mutakin saat diwawancara sejumlah wartawan di KPU Kota Cilegon, Selasa (21/7/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menetapkan berkas dukungan dari kandidat Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon jalur Perseorangan Ali Mujahidin-Firman Mutakin, Memenuhi Syarat (MS).

Kedua bapaslon maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 dengan jumlah dukungan yang MS sebanyak 55.573 suara. Sementara bapaslon KH Lukman Harun/H Nasir sebanyak 24.967 suara dan Malim Hander Joni/Hawasi Syabrawi sebanyak 24.925 suara.

Hal ini terungkap dalam Rapat Pleno Terbuka Pengumuman Hasil Rekapitulasi atas Pleno sebelumnya yang sudah dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan yang digelar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon.

Bacalon Walikota Cilegon Ali Mujahidin mengucapkan terima kasih kepada Tim LO, Tim Jaringan, tim relawan, Bawaslu, KPU, PPS, PPK dan PL yang telah bekerja sama mensukseskan verifikasi faktual.

“Dari hasil verfak tadi memang sudah dicantumkan namun belum pleno. Dari jumlah itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama melancarkan dan mensukseskan verifikasi faktual ini,” katanya kepada awak media ditemui di KPU Kota Cilegon, Selasa (21/7/2020).

Baca juga  Gawat! Ruang Isolasi Pasien Corona di Trans Hotel Cilegon Overload.

Pria disapa Mumu ini menyatakan, dari hasil yang telah diverifikasi tidak ditemukan berkas dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Ia menyatakan, meski tidak ditemukan TMS namun bukan berarti yang mendukung mencabut dukungan.

“Meski tidak ditemukan TMS, bukan berarti orangnya mencabut dukungan. Tapi, banyak warga Cilegon sedang melakukan aktivitas, banyak yang kerja, banyak acara sehingga tidak ditemukan TMS. Dan kita sudah perkirakan dapat mengantongi suara hingga 80 persen dari target yang ditentukan oleh KPU hanya 70 persen,” ujarnya.

Disinggung apakah mampu merawat suara tersebut hingga perhelatan Pilkada 2020, Mumu optimis dapat menjaga dan merawat suara tersebut hingga Pilkada Cilegon.

“Yah mudah-mudahan semua sehat hingga nanti di Pilkada Cilegon. Dan Insya Allah selangkah lagi Dinasti Cilegon akan terhenti,” pungkasnya.

Baca juga  Warga Cilegon Keluhkan Lampu Penerangan PJU di JLS Banyak Yang Mati

Sementara Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi membenarkan jika pasangan Mumu dan Firma Mutakin lolos dari Jalur Independen melaju di Pilkada Cilegon 2020.

“Dari pleno ini kan KPU akan mengeluarkan lembar BA7 KWK, nanti di situ akan dijelaskan beberapa catatan misalkan bagi (bapaslon perseorangan) yang sudah memenuhi batas minimal berarti kan sudah terpenuhi. Dari 3 calon dari jalur perseorangan, pasangan Mumu dan Lian Firman yang mendapatkan tiket maju di Pilkada Cilegon. Sementara, bagi dua pasangan yang belum lolos, kami tetap membuka perbaikan dokumen hasil verifikasi faktual di lapangan mulai 25-28 Juli 2020 mendatang,” jelasnya. (Ully/Red)