Kepala Dindik Kota Serang, Wasis Dewanto. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Wasis Dewanto mengatakan, Dindik dalam rencana memulai pembelajaran pola tatap muka akan menggelar simulasi, Besok, Jumat (14/8/2020). Rencananya, pembelajaran setelah simulasi akan secara efektif diberlakukan pada Selasa (18/8/2020).

“Insya Allah besok akan kita lakukan simulasi pembelajaran tatap muka,” Kata Kadis Dindikbud Wasis Dewanto saat ditemui di Puspemkot Serang, Kamis (13/8/2020).

Ia mengatakan, belajar tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan ini akan disimulasikan di SDN 02 Kota Serang. Alasan dipilihnya SD karena siswa lebih rentan terhadap aktivitas keramaian dan perlu lebih banyak diberikan pemahaman.

“Saya rasa, anak SMP bisa lebih mengerti situasi yang dihadapi. Sedangkan anak SD belum paham, lebih rentan karena tidak tahu situasi apa yang sedang dihadapi,” terangnya.

Masih kata Wasis, pihaknya untuk evaluasi akan merekam simulasi pembelajaran tatap muka. Sehingga, dapat di lihat berulangkali untuk mencari kekurangan serta dapat segera diperbaiki.

“Besok kita rekam, nanti dilihat bareng-bareng untuk bahan evaluasi. Saat ada kekurangan, bisa di perbaiki cepat,” sambungnya.

Terkait teknis pembelajarannya akan dibagi menjadi dua shift. Shift pertama dengan durasi 1 jam dilaksanakan pada pagi hari. Dengan jumlah masing-masing perkelas sebanyak 18 orang murid. Shift kedua digelar pada siang hari untuk jumlah yang sama.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin menginginkan adanya perhatian dari semua kalangan untuk membantu mengkontrol pembelajaran tatap muka di masa transisi ini.

“Minta doanya, semoga penerapan sekolah tatap muka ini bisa memutus mata rantai covid-19 dan tidak menyerang anak sekolah,” katanya.

Adapun dari data yang diterima Pemkot Serang, masyarakat Kota Serang menginginkan adanya penerapan sekolah tatap muka. “Setuju semua, semua udah pada kesel,” pungkasnya. (SSC-03/Red)