CILEGON, SSC – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon mencatat ada sekitar ratusan Aparatur Sipil Negera (ASN) di Lingkup Pemkot Cilegon mengajukan cuti untuk melaksanakan ibadah haji. Cuti untuk ibadah ini diajukan selama hampir 40 hari.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian Pembinaan dan Kesejahteraan Administrasi Umum (P3KA) BKPP Cilegon, R Budi M mengatakan, jumlah ASN yang mengajukan cuti haji pada 2019 meningkat dibanding tahun lalu. Pada tahun 2018, pengajuan cuti haji sebanyak 83 ASN sedangkan tahun ini mencapai 100 ASN.

“Ada peningkatan hampir 20-30 persen untuk pengajuan cuti haji,” kata Budi kepada Selatsunda.com di kantornya, Jumat (12/7/2019).

Ia menambahkan, banyak diantara ASN sudah mengajukan jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan haji. Namun ada juga, kata dia, yang mengajukan mendekati pelaksanaan.

“Sesuai dengan ketentuan memang tidak ada batasan maksimal berapa hari sebelum pelaksanaan cuti, tapi yang jelas peengajuan cuti wajib dilakukan,” ujarnya.

Budi menjelaskan, seuai dengan Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 bahwasannya cuti besar bisa diambil maksimal selama tiga bulan oleh ASN yang memiliki masa kerja minimal lima tahun.

“Tapi kami ada kebijakan pelaksanaan khusus cuti haji ini maksimal dua bulan, karena kalau lebih dari itu terlalu panjang. Rata-rata pengajuan cuti yang diminta 55 hari,” jelasnya.

Ia menuturkan, cuti selama 40 hari atau sekitar 2-3 bulan ini hanya untuk melakukan ibadah haji. Sedangkan, bila cuti diluar cuti haji, pihaknya tidak memberikan izin apapun.

“Kalau misalnya mereka mau cuti untuk mengantar anak di luar daerah, kami tidak akan memberikan cuti tambahan kepada mereka. Tapi, beda halnya, kalau mereka mau mengajukan cuti karena urusan keluarganya meninggal dunia, istrinya melahirkan, kami pasti memberikan cuti kepada ASN tersebut,” tuturnya.

Dirinya mengimbau para ASN yang pergi haji untuk segera mengajukan permohonan cuti, sehingga bisa segera cepat diproses sesuai dengan ketentuan yang ada. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here