Ditpolair Polda Banten bekerjasama dengan KKP Banten melakukan vaksinasi Covid-19 kepada kru dari kapal yang sandar di salah satu jetty di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (16/8/2021). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Pemerintah terus melakukan serbuan vaksinasi dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19. Tak terkecuali juga dilakukan oleh Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) Polda Banten.

Pada Hari ini, Senin (16/8/2021), Ditpolair Banten bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten dan Satgas Covid-19 Cilegon melakukan vaksinasi terhadap 8 kru kapal tugboat, TB Samudera Bintan yang sandar di salah satu jetty di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Banten, Kompol Winarno mengatakan, vaksinasi tersebut dilakukan awalnya karena kru kapal tidak memiliki dokumen kesehatan dan surat rekomendasi perjalanan. Untuk mengantisipasinya, Ditpolair dan KKP sebelum melaksanakan vaksinasi terlebih dahulu melakukan tes cepat (rapid test antigen).

Baca juga  Helldy-Sanuji Dengan Elit Parpol Cilegon Makan Siang Satu Meja, Bicara Konsolidasi Politik?

“Saat kita cek, surat pelayaran mereka lengkap. Tetapi karena belum memiliki surat keterangan antigen negatif, kami tidak membolehkan mereka turun ke darat. Kami lakukan tes antigen,” ujarnya dikonfirmasi.

Hasil kedelapan kru kapal saat dites cepat dinyatakan negatif. Oleh karenanya dalam mendukung percepatan vaksinasi nasional serta instruksi Dirpolair, Kombes Pol Gieuseppe Reinhard Gultom, kru kapal langsung dilakukan vaksinasi.

“Karena mereka negatif dan mendukung upaya pemerintah mempercepat program vaksinasi, kru kapal langsung kita vaksin. Ini juga sesuai arahan pak Dirpolair. Selain memberikan pelayanan swab antigen, kami juga memberikan masker kepada seluruh kapal yang berlayar di perairan Banten,” paparnya.

Saat itu pula, Ditpolair masih menelusuri mengapa kru kapal tersebut tidak melakukan tes cepat dari Bangka Belitung, tempat kapal dari kru tersebut berasal.

Baca juga  KPU Cilegon Tindak Lanjuti PAW Anggota DPRD Meninggal Dunia

Namun prinsipnya, kata Winarno, Ditpolair mengimbau agar seluruh pemilik kapal khusus kapal berbendera dalam negeri dapat menfasilitasi kru kapalnya dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan saat melakukan perjalanan di wilayah Banten. Hal itu demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Imbauan kami kepada pengusaha pelayaran, baik nakoda maupun ABK kapal agar sudah melengkapi surat antigen negatif dan surat vaksin dari tempat masing-masing. Sebelum berangkat mereka harus memiliki dokumen yang dipersyaratkan,” harapnya. (Ronald/Red)