Atap rumah warga di Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang roboh terkena dampak angin puting beliung, Sabtu (24/5/2020). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Hujan dan angin puting beliung menerjang Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang, Jumat (22/5/2020) lalu. Dampaknya dilaporkan mengakibatkan ratusan rumah warga mengalami kerusakan.

Camat Waringin, Nanang Supriatna mengatakan, dampak angin puting beliung yang terjadi di Waringin Kurung mengakibatkan 240 rumah warga rusak.

“Untuk jumlah kerusakan yang kita dapatdi Waringin Kurung sejauh ini, terdapat 235 rumah yang rusak ringan dan 5 rusak berat,” ungkapnya, Sabtu, (23/5/2020).

Ia menyatakan, rumah warga mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan hingga berat. Beberapa yang rusak berat diantaranya genting roboh bentuknya sudah tidak utuh lagi. Untuk nilai kerugian, kata dia, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Kami telah menghitung dan untuk perkiraan kerugian sendiri sekitar seratus juta. Karena ada 2 rumah yang roboh dan sudah tidak utuh lagi. Sedangkan untuk yang rusak atapnya itu sekitar 20 juta,” paparnya.

Pasca kejadian, kata dia, warga yang rumahnya mengalami kerusakan ringan mulai memperbaiki sendiri. Untuk warga yang rumahnya rusak berat mengungsi sementara ke kerabat keluarga.

Sejauh ini kejadian rumah rusak akibat angin puting beliung sudah dilaporkan kepada Pemda Kabupaten Serang. Bantuan kepada warga dari Pemkab, kata dia, akan diberikan setelah Lebaran.

“Kita sudah melapor kepada pihak Dinsos Kabupaten Serang dan BPBD Kabupaten Serang, namun bantuan akan di tindak lanjuti setelah Lebaran,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here