Kadispora Serang Yoyo Wicahyono di wawancara media. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Pemerintah Pusat telah mengucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 4,3 miliar untuk membantu ratusan hotel dan restoran di Kota Serang yang terdampak pademi covid-19 (virus corona).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Serang, Yoyo Wicahyono mengatakan, bantuan menyasar kepada 163 hotel di Kota Serang yang terdaftar di BPKAD (Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah) Kota Serang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8 hotel dan 25 restoran telah diverifikasi. Hotel dan restoran ini dinyatakan telah memenuhi syarat pengajuan bantuan hibah.

“Selama memiliki tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) dan membayar pajak, maka mereka berhak menerima,” kata Yoyo kepada Selatsunda.com terkonfirmasi,” Rabu (28/10/2020).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Masih kata Yoyo, besaran bantuan yang diberikan akan diukur berdasarkan besar kewajiban para pengelola hotel dan restoran dalam membayar pajak kepada negara. Jika tidak membayar pajak, hotel dan restoran tidak mendapat bantuan.

“Besaran bantuannya yang diberikan tergantung besaran pembayaran pajak kepada negara. Semakin banyak dia (hotel dan restoran) membayar pajak semakin besar bantuan yang akan diterima,” katanya.

Ia menjelaskan, sejauh ini Dispora Kota Serang telah berkoordinasi dengan PHRI Serang untuk membahas bantuan tersebut. Jika ada pihak hotel dan restoran yang belum memperbaharui izin maka akan dibantu di DPMPTSP.

“Setelah rapat dengan pihak PHRI belum lama ini, jika pihak hotel dan restoran hanya belum merubah perizinan dari perizinan lama ke perizinan secara online atau Online Single Submission (OSS),” tandasnya.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Ia menyatakan, target pendaftaran tentang bantuan ini sudah musti selesai pada 4 November 2020 mendatang. Namun ia berharap target dapat tercapai lebih cepat.

“Pembukaan pendaftaran penerima bantuan ini mulai Rabu (4/11/2020) mendatang hingga selesai. Targetnya pada 4 November sudah selesai. Tapi, karena hari ini, Rabu (28/10/2020) mulai libur panjang. Kalau tidak libur kemungkinan pada Jumat (30/10/2020) sudah selesai semua,” pungkasnya. (SSC-03/Red)