Anggota DPRD Cilegon yang juga Anggota DPR RI Terpilih, Edison Sitorus diwawancara di Kota Cilegon. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Anggota DPR RI Terpilih dari Dapil Banten 2, Edison Sitorus mengungkapkan pandangannya terhadap Bakal Calon Walikota Cilegon dari PAN, Dede Rohana Putra. Menurut Anggota DPRD Kota Cilegon ini, Dede Rohana adalah sosok muda yang mempunyai ide dan gagasan cemerlang yang ingin mensejahterakan masyarakat Kota Cilegon.

Edison mengatakan, Dede Rohana ingin mensejahterakan masyarakat Cilegon yakni dengan mendorong pelaku UMKM terlibat dalam hilirisasi industri.

Menurutnya, saat ini Kota Cilegon terdapat ratusan industri. Dengan melihat banyaknya industri, kata Edison, Dede ingin pelaku UMKM di Cilegon dapat didorong untuk berusaha di sektor hilir.

“Pak Dede punya ide membangun hilirisasi Cilegon. Contoh kita lihat disini, ada pabrik baja Krakatau Steel, turunannya kan disini tidak ada di Cilegon. Kemudian ada pabrik Chandra Asri, biji plastik, turunannya disini, di Cilegon, tidak ada. Jadi hulunya ada disini, tapi hilirnya tidak disini. Nah, UMKM lah yang akan digerakkan. Kita sebagai wira usaha, itu akan kita kembangkan di Cilegon,” ungkapnya, Selasa (4/6/2024).

Baca juga  Pemkot Cilegon Kumpulkan OPD Benahi SOP Perizinan di Mal Pelayanan Publik

Menurut Wakil Ketua DPW PAN Banten ini, Dede memiliki talenta mewujudkan hal tersebut. Karena sosok Dede adalah seorang pelaku wira usaha atau pengusaha. Dengan modal itu, ia yakin Dede dapat menciptakan peluang usaha bagi pelaku UMKM. Di mana jika terwujud dampaknya dapat mensejahterakan masyarakat.

“Pak Dede Rohana itu mempunyai jiwa enterpreneur, kewirausahaan. Dia punya talent, bagaimana membangun Cilegon dengan mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Dede Rohana, kata Edison, tentu telah memikirkan cara bagaimana mendorong UMKM terlibat pada hilirisasi industri. Yakni dengan memberikan jaminan kepada investor lewat kemudahan-kemudahan dalam berinvestasi di Cilegon.

“Dengan cara memberikan kemudahan- kemudahan kepada investor ketika itu dibangun di Cilegon, industri di hilirisasi,” paparnya.

Baca juga  Perumda Cilegon Mandiri Bisnis Air Kemasan, Komisi III DPRD Cilegon Ingatkan Pelayanan Utama Jangan Terlupakan

Edison mendukung Dede Rohana maju menjadi Bakal Calon Walikota Cilegon karena mempunyai pandangan yang sama memajukan dan mensejahterakan masyarakat Cilegon. Ia dan Dede Rohana ingin 85 persen masyarakat Cilegon dapat hidup sejahtera. Namun realitanya saat ini masih banyak masyarakat yang belum sejahtera.

“Kita ingin menciptakan masyarakat Cilegon yang sejahtera itu hampir 85 persen. Sekarang yang sejahtera itu dibawah 60 persen. Kalau kita pergi ke bulakan, atau citangkil ciwandan disini, masih banyak yang menengah ke bawah,” ucapnya.

Kata Edison, Dede jika lapangan pekerjaan lewat hilirisasi industri terbuka maka pengangguran dapat diatasi dan masyarakat sejahtera. Dengan sejahteranya masyarakat, sektor pendidikan dan kebutuhan hidup juga terpenuhi.

“Jadi saya berpandangan sama. Cara pandangnya mensejahterakan masyarakat Cilegon sama dengan beliau. Saya seide. Dengan sejahtera, otomatis pendidikan terpenuhi, dengan sejahtera, kebutuhan hidupnya terpenuhi,” pungkasnya. (Ronald/Red)