Petugas kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cilegon melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di salah satu lapak di Kota Cilegon, Rabu (5/6/2024). Foto IST

CILEGON, SSC – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cilegon mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cilegon, M Ridwan mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah dimulai sejak akhir Mei lalu. Dari perkiraan sebanyak 90 lapak hewan kurban yang ada di Cilegon, 17 lapak diantaranya telah dilakukan pemeriksaan.

“Monitoring sudah berlangsung sejak akhir Mei 2024 sampai saat ini. Sekarang sudah 17 lapak yang diperiksa,” ujarnya ditemui di Rumah Pemotongan Hewan Pemkot Cilegon, Rabu (5/6/2024).

Pemeriksaan hewan kurban, kata Ridwan untuk mewaspadai adanya penyakit hewan menular.

“Yang diantisipasi dan kita waspadai yakni PMK dan antraks,” ucapnya.

Baca juga  Perumda Cilegon Mandiri Bisnis Air Kemasan, Komisi III DPRD Cilegon Ingatkan Pelayanan Utama Jangan Terlupakan

Pada pemeriksaan kesehatan hewan kurban, lanjut Ridwan, pihaknya menurunkan sebanyak 5 sampai 6 petugas kesehatan. Petugas selain memeriksa kesehatan fisik hewan kurban juga mengecek dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

“Kelengkapan yang kita minta, sertifikat veteriner, serta surat keterangan kesehatan hewan. Untuk pemeriksaan fisik hewan, petugas memeriksa hewan dari kecukupan umur sesuai syarat, kesehatan secara fisik, kondisi sempurna dan sehat,” paparnya.

Ridwan mengungkapkan, sejauh ini dari hasil pemeriksaan belum ada temuan penyakit menular. Namun jika terdapat penyakit maka hewan tersebut akan dipisahkan dan diobati.

“Kalau ada hewan yang ditemukan tertular penyakit, harus dipisahkan dari kelompoknya dan diobati,” ungkapnya.

Ridwan mengimbau agar pemilik lapak hewan kurban saat menjual dapat memperhatikan kesehatan kurban. Hal ini agar hewan yang dijual dalam kondisi layak dan sehat.

Baca juga  Pemkot Cilegon Kumpulkan OPD Benahi SOP Perizinan di Mal Pelayanan Publik

“Untuk lapak-lapak kami minta untuk menjaga dan memperhatikan kebersihan untuk kesehatan hewannya,” harapnya. (Ronald/Red)