Bakal Calon Kepala Daerah di Pilkada Banten yakni Bacalon Bupati Serang, Eki Baihaki, Bacalon Walikota Cilegon, Iye Iman Rohiman dan Bacalon Walikota Tangerang Selatan, Siti Nur Azizah menunjukan surat penugasan dari Partai Demokrat sebagai Bacalon Kepala Daerah saat di Kantor DPD Partai Demokrat Banten, Selasa (2/6/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – DPD Partai Demokrat Banten menugasi tiga kandidat Bakal Calon Kepala Daerah di Pilkada Banten yakni Bacalon Bupati Serang, Eki Baihaki, Bacalon Walikota Cilegon, Iye Iman Rohiman dan Bacalon Walikota Tangerang Selatan, Siti Nur Azizah melobi partai politik lain untuk mendapat dukungan sebagai Calon Kepala Daerah.

Selain mencari dukungan parpol, ketiga kandidat bacalon bupati/walikota ini juga diminta Partai Demokrat untuk mencari bacalon wakil kepala daerah masing-masing. Ketiganya juga ditugasi untuk melaporkan hasil survei terkini dan koalisi parpol yang telah diperoleh untuk disampaikan ke DPP Partai Demokrat.

Sekjen DPD Partai Demokrat Banten, Eko Susilo mengatakan, partainya menugasi ketiga bacalon dengan sejumlah pertimbangan. Pertama ketiganya dinilai sebagai sosok atau figur bacalon kepala daerah siap bertarung di Pilkada. Kemudian, bacalon juga memiliki kemampuan, jaringan, komunikasi yang mumpuni. Selain itu pertimbangan lain juga menyangkut hasil survei ketiga bacalon diinternal partai tidak kalah dengan bacalon lain. Untuk Eki berada di posisi kedua, sementara Iye dan Azizah diposisi ketiga.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

Untuk bertarung di Pilkada Banten, kata dia, ketiganya ditugaskan partai untuk bisa berkomunikasi dengan parpol lain dalam mendapat usungan sebagai calon kepala daerah. Bacalon juga dalam lobi harus bisa merekomendasikan calon pendamping masing-masing. Karena lobi terakhir yang berkembang antar parpol di Pilkada Banten sudah mulai mengerucut.

Untuk Bacalon Azizah di Pilkada Kota Tangsel mendapat dukungan 20 kursi yakni PKS 8 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi, PAN 2 kursi dan Hanura 1 kursi. Jumlah tersebut lebih dari cukup dari syarat minimal 10 kursi. Untuk Bacalon Iye Rohiman di Pilkada Cilegon mendapat dukungan parpol sebanyak 8 kursi yakni Demokrat 2 Kursi, PAN 4 kursi dan PPP 2 kursi. Jumlah tersebut sudah memenuhi syarat minimal 8 kursi.

Sementara Bacalon Eki di Pilkada Kabupaten Sersng mendapat dukungan parpol sebanyak 9 kursi yakni Demokrat 5 kursi dan PKS 4 kursi. Eki untuk maju Bacalon Kada di Kabupaten Serang harus memenuhi 10 kursi.

Baca juga  2023, Bank Banten Bukukan Laba Rp 26,59 Miliar

“Untuk ibu Azizah sudah 20 kursi, pak Iye sudah 8 kursi dan pak Eki 9 kursi. Yang pasti kami akan mengupayakan (memenuhi syarat minimal kursi cakada), yang tadi saya sebut ikut andil, sebagai petarung,” ungkapnya saat Penyerahan Berkas Penugasam kepada tiga bacalon di Kantor DPD Partai Demokrat Banten, Selasa (2/6/2020).

Sejauh ini dukungan parpol sudah mengalir kepada ketiga bacalon. Disinggung adakah sinyal dari Partai Gerindra turut mendukung para bacalon, Eko menyatakan masih dinamis. Untuk membangun koalisi besar, lobi baik dari Demokrat dan ketiga bacalon akan dilakukan dengan parpol lain termasuk terhadap Gerindra.

“(komunikasi) Gerindra untuk di Cilegon, belum. Untuk Kabupaten Serang, belum, untuk Tangsel, belum. Jadi kita ini ada kemungkinan nambah Gerindra atau tidak,” pungkasnya. (Ronald/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini