Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon sekaligus juga Komandan Kodim (Dandim) 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait di wawwncarai, Selasa (2/6/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemberlakuan transisi penerapan New Normal atau bisa dikenal dengan kehidupan normal mulai dilaksanakan di Kota Cilegon. Di hari pertama penerapannya pada Selasa (2/6/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon menemukan belasan orang warga Cilegon keluyuran keluar rumah tanpa menggunakan masker.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon sekaligus juga Komandan Kodim (Dandim) 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo Sirait menuturkan, berdasarkan hasil laporan yang diterima oleh anggota yang ada di lapangan, sediktinya ada sebanyak 19 warga mengabaikan protokol kesehatan. Mereka ditemukan di pusat keramaian seperti Alun-alun Kota Cilegon, mall, pasar dan jalan raya dengan tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak.

Baca juga  Empat Kecamatan di Cilegon Berpotensi Terjadi Pergerakan Tanah, Ini Wilayahnya

“Dari hasil laporan yang saya terima dari anggota, sejak pertama pemberlakuan new normal di Cilegon, sudah ada 19 orang teguran yang udah kami berikan. Rata-rata yang kami beri teguran ini habis keluyuran dari pasar, mall dengan alasan masker ketinggalan,” kata Rico usai acara Pelelasan Bantuan Penyemprotan (Disinfeksi) dari PMI Pusat Dengan Menggunakan Mobil Gunner Pada Jalan Protokol di Wilayah Kota Cilegon di Pos Check Point PCI.

Lebih lanjut, Rico menegaskan, apabila masih ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker saat keluyuran rumah, pihaknya akan memberi sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Garuda Pancasila di depan banyak orang.

“Memang untuk sekarang ini bagi warga yang tidak menggunakan masker kita masih melakukan tindakan masif, sopan dan ramah bagi mereka yang tidak menggunakan masker. Tapi, jika tindakan kita ini tidak ada rasa kesadaran dari warga, otomatis mereka harus menerima sanksi dengan harus menyayikan lagu Garuda Pansila. Sanksi ini kita berikan agar ada efek jera bagi warga untuk mengikuti protokol kesehatan,” ucap Rico.

Baca juga  Ini Pesan Walikota Cilegon Helldy Agustian untuk PPPK yang Dilantik

Rico meminta agar masyarakat dapat sadar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar kasus positif penyebaran virus corona semakin meluas.

“Ia beharap agar kesadaran masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami minta masyarakat menjadikan protokol kesehatan sebagai aktivitas sehari hari. Selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan keluar rumah bila tidak ada aktivitas yang tidak terlalu penting,” pungkasnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini