Calon Ketua Demokrat Banten yang juga Ketua Demokrat Pandeglang, Yoyon Sujana memberi pernyataan mendukung Iti Octavia Jayabaya sebagai Ketua Demokrat Banten dalam Musda IV di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (11/10/2021). Foto Screenshoot video

SERANG, SSC – Calon Ketua Partai Demokrat Banten, Yoyon Sujana tiba-tiba memberikan pernyataan mendukung Bupati Kabupaten Lebak, Iti Ocktavia Jayabaya untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten periode 2021-2026. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pandeglang ini di tengah penyelenggaraan Musda IV Partai Demokrat Banten, Senin (11/10/2021).

Dalam pernyataan tersebut, Yoyon mengaku bangga dengan Iti Octavia yang memiliki komitmen kuat membesarkan partai. Yoyon mengaku sangat bangga dengan moto yang dibangun Iti selama ini dengan slogan ‘Bersama kita kuat bersatu kita bangkit’.

Hal itulah yang menginspirasinya dan mengajak urung rembuk DPC yang mendukungnya untuk berpikir kembali mengusungnya sebagai ketua. Ia menyatakan, jika dia dan pendukungnya diakomodir menjadi pengurus DPD maka tidak perlu musda dilakukan dengan pemilihan secara voting.

“Atas inspirasi itu, saya mengajak urung rembuk dengan para pengusung saya, kami berpikir jika saya dan para ketua yang merekomendasikan saya diakomodir untuk menjadi pengurus DPD Partai Demokrat provinsi Banten oleh ketua terpilih kenapa harus ada voting,” ujar Yoyon membacakan pernyataannya.

Baca juga  Jadi Temuan OJK, Aset Tanah BPRS Cilegon Mandiri Dijual

Ia mengajak seluruh kader melihat musda dengan jati diri demokrasi Indonesia. Pemilihan ketua dalam Musda, harap Yoyon, bisa ditetapkan dengan musyawarah untuk mufakat.

Dengan dasar itu, Yoyon mengaku telah duduk dengan Iti membahas perbedaan pendapat di internal Demokrat.

Yoyon dihadapan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengikuti Musda dengan video conference menyatakan bersyukur Iti menerima masukan yang disampaikannya. Yoyon mengaku akan membantu dalam kepengurusan DPD kedepan jika Ketum AHY merestui Iti menjadi Ketua Partai Demokrat Banten periode 2021-2026.

“Alhamdulilah, Pak Ketum, ibu Iti Octavia Jayabaya erkenan untuk menerima kami untuk membantu beliau dalam kepengurusan mendatang apabila Pak Ketum berkenan merestui beliau sebagai ketua DPD sekarang,” paparnya.

Baca juga  Duarr! Ibu Hamil di Anyer Serang Jadi Korban Sambaran Petir

Yoyon atas dasar pertimbangan soliditas dan persatuan kader Demokrat Banten dan selaku Ketua Demokrat Pandeglang serta mewakili DPC yang mendukungnya menyatakan memberi dukungan sepenuhnya kepada Iti sebagai Ketua Demokrat Banten ke depan.

“Saya Yoyon Sujana, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pandeglang, sekaligus mewakili para ketua DPC yang merekomendasikan saya untu nyalon ketua DPD, menyatakan sepenuhnya memberikan dukungan kepada ibu Iti Octavia Jayabaya,” tegasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Pandeglang, Yoyon Sujana maju menjadi calon Ketua DPD. Begitu juga Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya juga mencalonkan kembali sebagai ketua. Keduanya mencalonkan diri sebagai ketua dengan menyerahkan berkas di Kantor DPD Demokrat Banten beberapa hari sebelum Musda IV Demokrat Banten digelar. (Ronald/Red)