Bendahara Umum DPP INSA, Nova Mujianto melantik DPC INSA Banten masa 2018-2022 di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Rabu (16/1/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners Association Provinsi Banten Masa Bakti Tahun 2018 – 2022 dikukuhkan dan dilantik oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Rabu (16/1/2019).

Pelantikan ini langsung dipimpin oleh Bendahara Umum DPP INSA, Nova Mujianto mewakili Ketua Umum, Carmelita. Dalam sambutannya,  Nova mengatakan, dunia bisnis kepelabuhanan di Indonesia termasuk usaha pelayaran saat ini masih memiliki tantangan besar yang harus dihadapi. Tantangan itu lebih kepada belum berimbangnya pertumbuhan muatan kargo dengan pertumbuhan muatan kapal. Selain itu,  tantangan lain yang dihadapi juga menitikberatkan kepada makin ketatnya pesaingan antar pelaku pelayanan. Sebagai organisasi yang berkecimpung dalam usaha pelayaran, pihaknya berharap tantangan-tantangan ini tidak menurunkan semangat INSA tetapi justru dapat menjadi cambuk untuk terus maju,  berkembang dan semakin tangguh.

“Tantangan ini tidak membuat pesimis, justru membuat kita makin tangguh. Melalui organisasi INSA yang telah menginjak hampir setengah abad, tentunya membuat kita sebagai pengurus maupun anggota semakin matang dan dewasa melihat segala dinamika yang terjadi dan mampu menghadapi tantangan bisnis kedepan, ” paparnya.

Untuk maju dan berkembang, kata Nova, INSA dituntut untuk selalu por aktif baik di tingkat Nasional maupun Regional. Keturutsertaan INSA dalam memajukan usaha pelayaran secara langsung telah berdampak besar untuk ekonomi maritim Indonesia baik mrlancarkan arus logistik dan meningkatkan ekonomi nasional.

Insa tidak hanya aktif di nasional namun juga tingkat regional di asia dan dunia global. Hal ini tidak lepas dengan tanggungjawab INSA dalam berperan aktif dalam pengembangan ekonomi maritim nasional yang pada akhirnya akan berdampak pada kelancaran dan ekonomi nasional,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Nova menyatakan agar pengurus yang baru di lantik ini dapat menjalankan roda organisasi dengan solid.

“Kami berharap komunikasi dan koordinasi antara pengurus daerah dan pusat Insa dapat semakin ditingkatkan. Sekaligus menjalin hubungan naik dengan pemangku kebijakan kepentingan di infustri pelayaran baik daerah dan nasional,” paparnya.

Dengan kerja solid, INSA Banten telah menunjukan profesionalitasnya berkonstribusi secara langsung untuk kemajuan industri pelayaran di Banten juga secara nasional.

“Dengan begitu DPC INSA Banten dapat memberikan dampak yang lebih besar industri pelayaran di daerah dan masyarakat Banten padak khususnya. Dan umumnya berdampak positif pada ekonomi nasional di masa mendatang,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPC INSA Banten, Agus Sutanto mengaku, tantangan yang dihadapi pelaku bisnis pelayaran di Banten saat ini semakin besar seperti yang disampaikan DPP INSA. Semakin banyak pelabuhan dan kunjungan di Banten, menurut Agus, tantangan kedepan begitu besat. Hal ini tentunya harus didorong dengan profesionalitas dari INSA Banten dalam melayani konsumen.

“Dengan banyak pelabuhan ini otomatis tantangan kita kedepan sekaligus peluang dan notabene kapal semakin banyak. Nah ini tentu harus semakin meningkatkan profesionalisme kita. Untuk meningkatkan tugas dan amanah kita melayani pelabuhan – pelabuhan tersebut,” paparnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?