CILEGON, SSC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon bakal menyiapkan beberapa dokter untuk ditempatkan di posko mudik pada Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dokter ini disiapkan untuk membantu para pemudik agar tidak mengalami gangguan kesehatan saat melakukan perjalanan dengan menggunakan jalur laut.

Kepala Dinkes Kota Cilegon, Arriadna menjelaskan, keberadaan dokter di posko mudik Lebaran sangat di perlukan. Apalagi, banyak para pemudik yang menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya menggunakan jalur laut.

“Tak hanya dokter, Kami juga akan menyiapkan peralatan medis dan ambulan di setiap posko mudik ini,” kata Arriadna kepada Selatsunda.com,” kemarin.

Tak jauh berbeda dari Lebaran tahun lalu, Nana sapaan akrabnya ini pun mengaku, pihaknya juga bakal membangun lima posko mudik di beberapa titik. Baik di Terminal Merak, Landmark, Jalan Lingkar Selatan (JLS) area Pondok Cilegon Indah (PCI), JLS area Ciwandan, dan Terminal Seruni.

“Posko itu akan dibuka sejak H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. Dalam posko ini, akan kita siapkan juga peralatan kesehatan, obat-obatan serta ambulans. Apabila pemudik merasa lelah bisa beristirahat dan mengecek kondisi badan di posko yang kami sediakan,” akunya.

Nana menjelaskan, keluhan yang sering dialami pemudik saat arus mudik, yakni gangguan kesehatan, sakit kepala, kelelahan, kembung, mual, diare, dan flu.

Untuk mengantisipasi hal ini, ia menghimbau kepada para pemudik untuk menerapkan pola hidup sehat serta memperbanyak minum air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan saat berbuka puasa.

“Kalau bawa kendaraan harus yakin tidak dalam keadaan ngantuk, jangan menerima makanan atau minuman yang disodorkan oleh orang tak dikenal, khawatir racun atau bius,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here