Basarnas Banten menggunakan KN SAR Tetuka mengevakuasi kru kapal kargo di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (24/11/2021). Foto Istimewa

SERANG, SSC – Sebuah Kapal Kargo tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta diterjang cuaca buruk. Kapal bernama lambung Sumber Cahaya tenggelam diduga mengalami kebocoran.

Kepala Basarnas Banten, Adil Triyanto mengatakan, informasi Kapal Kargo Sumber Cahaya tenggelam terdeteksi oleh Basarnas Command Center dari sinyal marabahaya atau distress yang terpancar pada Selasa (23/11/2021) sekitar pukul 23.00 WIB. Kapal berbendera Indonesia yang berlayar dari Natuna menuju Merak, Kota Cilegon, Banten itu diinformasikan kandas dan tenggelam di sekitar Perairan Kepulauan Seribu.

“Sinyal distress itu dipancarkan dari kapal Sumber Cahaya yang kandas, tenggelam akibat kebocoran kapal serta cuaca ekstrim yang melanda wilayah Laut Jawa,” ujar Adil Triyanto, Rabu (24/11/2021).

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Saat peristiwa terjadi, kru pada kapal yang berjumlah 15 orang telah terlebih dahulu diselamatkan oleh Kapal NMS Accelerate dan dibawa ke tempat pengeboran minyak di sekitaran lokasi.

Basarnas Banten kemudian sekitar pukul 09.53 wib langsung menerjunkan kapal KN SAR Tetuka dengan 8 personel menuju lokasi untuk proses evakuasi. Sesampai di tempat pengeboran minyak, kru kapal langsung dievakuasi ke Dermaga Pantai Mutiara Jakarta.

“Pada pukul. 12.24 WIB dan langsung mengevakuasi Crew dari Etrolium Axcesior ke Dermaga Pantai Mutiara Jakarta dan tiba pukul 16.39 WIB dalam keadaan selamat,” terangnya. (Ronald/Red)