Rapat Koordinasi persiapan pembentukan puskesmas BLUD Dinas Kesehatan Kota Cilegon. (Foto Dok Dinkes)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan mendorong 9 puskesmas dapat dikelola dengan pola badan layanan umum daerah (BLUD).

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, Pemerintah Daerah sejak terbit Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 79 Tahun 2018 tentang BLUD diberikan keleluasaan untuk mengelola fasilitas kesehatan secara mandiri. Salah satunya adalah puskesmas.

Dengan adanya aturan itu, papar Helldy, puskesmas bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa harus tergantung anggaran dari dinas kesehatan (dinkes).

“Saya dukung penerapan 9 puskesmas menjadi BLUD. Karena saya ingin dengan penerapan BLUD ini pelayanan kesehatan di Cilegon bisa lebih baik,” kata Helldy kepada Selatsunda.com, Kemarin.

Ia menambahkan, apabila puskesmas telah menjadi BLUD, seluruh sarana dan prasarana yang dibutuhkan dapat dipenuhi secara mandiri.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

“Prinsipnya, saya mendukung apapun yang ditargetkan oleh Dinas Kesehatan untuk peningkatan pelayanan,” tambah Helldy.

Senada dengan Helldy, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Cilegon,
Ratih Purnamasari menuturkan, penerapan BLUD di 9 puskesmas ini sudah sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta yang tertuang pada RPJMD Kota Cilegon 2021-2026.

Pada dasarnya, kata Ratih, puskesmas dalam memberikan layanan umum secara mandiri dengan pola BLUD dimaksudkan
merespon cepat kebutuhan kesehatan masyarakat. Karena sistem pengelolaannya lebih mudah dan fleksibel.

“Dengan diterapkanya BLUD di puskesmas, maka pengelolaan keuangan daerah di puskesmas bisa lebih leluasa dan fleksibilitas untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan cerdas akan kehidupan bangsa serta mewujudkan pelayanan puskesmas dengan fasilitas, ulitilitas dan SDM yang handal,” jelas Ratih.

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

Ia berharap, upaya menjadikan seluruh puskesmas BLUD dapat terealisasi pada 2023 mendatang.

“Harapan kami, di 2023 mendatang semua puskesmas di Cilegon sudah BLUD,” harapnya. (***)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!