Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon. (Foto Dok Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon akan turun menindak lanjuti kejadian bunyi dentuman disertai kepulan asap putih yang keluar dari PT Indorama Petrochemical yang terjadi pada, Jumat (30/6/2023) Kemarin. Rencananya, Tim Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) dari DLH kota Cilegon akan turun pada, Senin (3/6/2023).

Kepala DLH Kota Cilegon, Sabri Mahyudin sudah mengetahui kejadian yang terjadi di pabrik kimia yang ada di Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan.

“Besok rencana kami, dari tim DLH akan turun ke lapangan,” kata Sabri dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Minggu (2/6/2023).

Sabri menambahkan, manajemen PT Indorama Petrochemical pasca kejadian tersebut telah memberitahukan secara tertulis ke DLH Kota Cilegon.  Pemberitahuan surat tersebut disampaikan pada tanggal 30 Juni 2023 yang ditandatangani oleh Malin Hander Joni selaku Chief HRD & GA PT Indorama Ventures.

Baca juga  Tiga Pelaku Narkoba Antar Pulau Ditangkap Polisi Cilegon, 2 Kilogram Sabu Diamankan

“Kita akan melihat ke lokasi dan berdiskusi apa penyebab kejadian tersebut, dan tim akan memberikan rekomendasi langkah-langkah apa yang harus dilakukan,” tambah Sabri.

Kata Sabri, dalam surat yang dikirimkan oleh PT Indorama Petrochemical ke DLH Kota Cilegon jika kejadian tidak menimbulkan adanya korban jiwa dan tidak terjadi pencemaran di lingkungan sekitar pabrik.

“Ini dari mereka,” pungkasnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, bunyi suara dentuman terdengar dari sebuah pabrik kimia yang ada di Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Jumat (30/6/2023) pagi.

Berdasarkan video yang diterima Selatsunda.com berdurasi 00.50 menit, kejadian bunyi suara ledakan disebut oleh perekam berasal dari PT Indorama Petrochemical.

Dalam video ya g direkam dari kejauhan itu terlihat kepulan asap putih keluar dari pabrik.

Baca juga  Kisah Pelajar Cilegon, Bayu Bakhtiar Sukses Raup Omset Puluhan Juta, Ini Bisnisnya

“Isuk-isuk engges denger suara ledakan dari Indorama (pagi-pagi sudah denger suara ledakan dari indorama-red),” ucap perekam  video tersebut.

Menanggapi hal ini, General Manajer PT Indorama Petrochemical Malim Hander Joni membenarkan adanya suara dentuman namun bukan ledakan.

“Bukan meledak, hanya dentuman keras. Kejadian jam 08.00 WIB,” kata Jhoni.

Jhoni tak menjelaskan secara detail penyebab terjadinya bunyi dentuman. Adanya kejadian tersebut, kata Jhoni akan diinformasikan lebih lanjut.

“Terdengar suara keras dari Indorama. Ada kepulan putih sepertinnya produk indorama. Warga dan karyawan terkejut,” terang Jhoni.

“Demikian informasi resmi dari indorama. Lebih lanjut dikabari,” pungkasnya. (Ully/Red)