LAMPUNG, SSC – Donasi buku bacaan yang disalurkan pegiat literasi tidak henti-hentinya mengalir kepada anak-anak bangsa. Kali ini, sumbangan buku yang menjadi jendela pengetahuan itu mengalir untuk anak-anak nelayan yang tinggal di pesisir pantai Bakauheni tepatnya di Kampung Nelayan Muara Piluk, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Lewat para relawan perahu pustaka Lampung, Ikatan Paramedik Hewan Indonesia (IPKHI) Lampung terenyuh untuk mendonasikan ratusan buku bacaan kepada anak-anak pesisir pantai di Dusun Muara Piluk. Buku yang digalang dari paramedik di Lampung itupun disalurkan untuk menyemangati anak bangsa agar dapat terus meningkatkan minat baca.

“Buku-buku ini kita galang dari paramedik, kita melihat anak-anak yang ada dipesisir seperti di Kampung Muara Piluk sangat sulit mendapat buku bacaan. Maka dari itu kita tergerak untuk membantu kesulitan anak-anak, ” ungkap Ketua Tim IPKHI Lampung, Yocki Rima Suyanda, Selasa (1/5/2018).

Selama ini, kata Yocki, minat baca anak-anak untuk menambah pengetahuan dan wawasan dinilai masih kurang. Kekurangan itu dilatarbelakangi oleh belum tersedianya buku bacaan. Sebagai organisasi yang ada di bawah naungan Balai Karantina Pertanian Lampung, pihaknya turut memiliki kewajiban besar untuk memenuhi itu termasuk mengedukasikan tentang hewan dan tumbuhan sebagai lingkup utama Karantina.

“Tujuan kami cuman satu, memang ingin agar anak-anak di pesisir dapat menambah minat baca. Kekurangan di daerah terpencil kan, buku yang minim. Makanya kita tergerak untuk membantu anak-anak sekaligus kita mengenalkan lingkup tentang hewan dan tumbuhan, supaya mereka juga bosa lebih mengenal apa itu karantina,” urainya.

Diketahui, IPKHI Lampung menyalurkan sebanyak 300 buah buku bacaan lewat para Relawan Pustaka Lampung. Selain buku, paramedik itu juga menyumbangkan bantuan lain seperti alat tulis, buku tulis, susu dan baju layak pakai.

Pegiat literasi perahu pustaka, Radmiadi didampingi Asror dilokasi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi gerakan sosial yang diinisiasi IPKHI Lampung. Sumbangan buku bacaan itu, kata Kepala Pos SAR PT. ASDP Merak itu, setidaknya telah meringankan kesulitan yang dialami anak-anak di pesisir.

“Memang disini ada perpustakaannya, hanya saja koleksi bukunya belum begitu banyak. Sehingga kami masih sangat membutuhkan buku-buku. Paling tidak ini sudah sangat membantu sekali untuk anak-anak disini,” paparnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here