Gedung DPRD Kota Cilegon (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Ada 10 partai politik yang menempatkan 40 politikusnya duduk di kursi DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024. Dari jumlah parpol ini setelah elit partai politik melakukan lobi politik sudah hampir bisa dipastikan akan terbentuk 8 fraksi.

Informasi yang dihimpun selatsunda.com, ada sebanyak 4 partai politik yang tidak memenuhi minimal 4 kursi untuk membentuk fraksi baik PKB, Partai NasDem, PPP dan Partai Demokrat.

Untuk memenuhi syarat fraksi, PKB berjumlah 1 kursi telah memutuskan berkoalisi dengan Partai NasDem yang memiliki 3 kursi. Sementara, Partai Demokrat juga akan melebur dengan PPP. Keduanya akan berkoalisi membentuk fraksi gabungan dimana masing-masing berjumlah 2 kursi.

Sementara, enam parpol lain baik Partai Golkar berjumlah 10 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, PKS 4 kursi, PAN 4 kursi, PDIP 4 kursi dan partai baru, Partai Berkarya sebanyak 4 kursi akan membentuk fraksi penuh.

Ketua Sementara DPRD Cilegon, Endang Efendi memperkirakan akan terbentuk 8 fraksi di DPRD Cilegon. Enam parpol akan membentuk fraksi penuh karena memenuhi persyaratan dan 4 papol lainnya berkoalisi menjadi 2 fraksi gabungan.

“Kurang lebih perkirannya akan seperti itu,” ujarnya dikonfirmasi, Minggu (8/9/2019).

Endang yang juga politikus Golkar menerangkan, pembentukan fraksi ini mengacu pada regulasi yang ada. Pada pasal 120 di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, Dan Kota menyebutkan, fraksi di DPRD paling sedikit sama dengan jumlah komisi di DPRD. Dalam artian, fraksi bisa terbentuk minimal 4 kursi.

“Dalam PP jelas tertulis. Apabila parpol tidak memenuhi ketentuan pembentukan fraksi maka dia tidak bisa berdiri sendiri menjadi satu fraksi. Dan aturannya paling banyak dapat dibuat 2 fraksi gabungan,” paparnya.

“Jumlah 40 anggota ini kan 4 komisi. Kalau harus membuat komisi, 1 fraksi harus minimal 4 kursi atau lebih,” sambung dia.

Meskipun sudah hampir dipastikan akan terbentuk 8 fraksi, pihaknya perlu memastikan itu dari keputusan masing-masing parpol. Diagendakan pada Senin (9/9/2019), dirinya bersama Wakil Ketua Sementara DPRD, Sokhidin akan melakukan koordinasi dengan utusan perwakilan fraksi.

“Sekarang ini kan yang saya dengar sudah ada NasDem dan PKB serta Demokrat dan PPP. Empat parpol ini menjadi dua fraksi gabungan, sementara 6 parpol lainnya membentuk fraksi penuh. Nanti, hari senin, kita akan koordinasi,” tuturnya.

Sebagai partai dengan 2 kursi, Partai Demokrat sudah memutuskan berkoalisi dengan PPP. Anggota DPRD Cilegon dari Demokrat, Rahmatullah dikonfirmasi membenarkannya. Formasi atau komposisi fraksi kedua parpol telah ditetapkan bersama.

“Jadi sudah kita komunikasi dengan PPP, untuk penetapan ketua itu Pak Sihabidin Sibli,  sekretarisnya saya, dua yang lain sebagai anggota fraksi. Kita sudah berkeputusan memberi nama Fraksi Persatuan Demokrat,” tuturnya.

Meskipun perolehan suara Demokrat lebih tinggi dari pada PPP, kursi ketua fraksi diputuskan kedua parpol saling bergantian. Saat ini, kursi fraksi diisi PPP namun setelah melewati masa bekerja selama 2,5 tahun, kata Rahmatullah, akan diisi oleh Demokrat.

“Saling bergantian setelah 2,5 tahun berjalan,” paparnya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Partai NasDem dan PKB mensepakati untuk membentuk satu fraksi di DPRD Kota Cilegon. Nasdem yang memperoleh 3 kursi dan PKB 1 kursi bersepakat gabung dan menamainya Fraksi Nasdem dan PKB.

“Dari hasil pertemuan antara Partai Nasdem dan PKB telah disepakti kalau nama fraksi tersebut yakni, Fraksi Nasdem dan PKB. Nama tersebut tidak boleh disingkat-singkat atas instruksi dari DPP Partai NasDem,” kata Erik saat dikonfirmasi, Sabtu (10/9/2019).

Erik menyebut, penggabungan ini sebagai syarat pembentukan fraksi dalam memenuhi minimal 4 kursi. Keduanya pun sudah sepakat menentukan komposisi di dalam fraksi.

“Semua sudah disepakti bersama dan kesepakatan ini berdasarkan atas kedua belah pihak. Yang menjabat sebagai ketua fraksi ada di Partai Nasdem, wakil ketua ada di PKB dan sekretaris berada di Nasdem,” tambah Erik.
(Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here