Sebuah alat berat tengah melakukan aktivitas perbaikan jalan di Jalan Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Jumat (17/9/2021). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sejumlah proyek fisik di Kota Cilegon sudah mulai dikerjakan pada masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Dengan kondisi tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon meminta agar rekanan atau pelaksana proyek jangan menjadikan hujan sebagai alasan proyek lambat dikerjakan.

Kepala DPUTR Cilegon, M Ridwan mengatakan, pihaknya sejak awal sebelum proyek mulai dikerjakan sudah mewanti-wanti kepada rekanan dan konsultan untuk mengantisipasi faktor kendala hujan. Hal itu diingatkan karena musim penghujan akan berlangsung lama hingga Desember 2021 mendatang dan diprediksi mempengaruhi pekerjaan fisik proyek.

“Sudah diawal, kita sampaikan kepada rekanan, konsultan. Saya beri arahan, pertama, agar melihat schedule waktu. Kemudian yang kedua soal cuaca. Cuaca perlu diperhatikan, kemungkinan ini akan panjang sampai Desember,” ujar Ridwan ditemui di Kantornya, Jumat (17/9/2021).

Baca juga  Pemkot Cilegon Gelontorkan Rp 2,3 Miliar Bangun 4 Palang Pintu

Kata dia, faktor hujan haruslah diperhitungkan ketika proyek dikerjakan. Metode kerja untuk mengantisipasi kendala itu sudah harus dipersiapkan dengan baik.

“Ini harus diperhitungkan, metode kerjanya.
Baik itu nanti tukang diperbanyak, alatnya juga perbanyak, material dipercepat.
Kalau perlu, pekerja sampai lembur supaya tidak melewati jatuh tempo waktu pelaksanaan,” terangnya.

Sejauh ini belum ada laporan kendala proyek terlambat dikerjakan karena faktor hujan. Meski demikian, ia mengingatkan anak buahnya untuk ketat melakukan pengawasan.

“Saya juga minta laporan tiap hari. Dari kita sendiri juga harus rajin mengingatkan,” bebernya.

Untuk diketahui, sejumlah proyek fisik yang sudah mulai dikerjakan diantaranya proyek pembangunan Tampak Muka Kantor Walikota, proyek perbaikan jalan, jembatan dan saluran drainase di Jalan Lingkar Selatan (JLS). Proyek-proyek tersebut diperkirakan selesai dikerjakan pada November 2021.

Baca juga  Hingga Triwulan III 2021, Kinerja Bank Bjb Tumbuh Positif

Sementara, beberapa proyek yang akan dikerjakan saat ini adalah pembangunan Parkir Gedung Setda Baru, betonisasi jalan di wilayah Kelurahan Cikerai dan lanjutan pekerjaan tandon di Kelurahan Sukmajaya.

“Yang sedang proses saat ini, pertama lanjutan gedung setda lantai 6. Itu untuk parkir, lanscapenya, kita selesaikan tahun ini. Kemudian ada jalan betonisasi di Cikerai. Sementara tandon di Sukmajaya, sekarang sedang di bidang teknis,” pungkasnya. (Ronald/Red)