Walikota Cilegon, Helldy Agustian melantik dua kepala OPD saya pelantikan dilangsungkan di Aula Setda, Senin (21/8l2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintahan Kota Cilegon dilantik oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, Hari ini, Senin (21/8/2023). Kedua pejabat yang dirotasi adalah Hayati Nufus dan Efa Syarifah.

Hayati Nufus yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil (Disdukcapil) Kota Cilegon kini dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sementara Efa Syarifah yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kini menjabat Kepala Disdukcapil.

Prosesi pelantikan dilangsungkan di Aula Setda Kota Cilegon sekitar pukul 09.00 WIB.

Walikota Helldy mengatakan, rotasi ini terutama untuk kepala Dukcapil adalah hal yang paling ditunggu. Karena untuk mengisi kepala Dukcapil definitif membutuhkan izin hingga ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta membutuhkan waktu cukup lama.

“Hari yang ditunggu akhirnya tiba. Bu Nufus (Hayati Nufus) ini karena sudah bertugas di Dukcapil selama sembilan tahun. Butuh kesabaran dalam prosesnya dan kini tiba waktunya,” ujar Helldy dalam sambutannya.

Baca juga  Dapat Penghargaan ke-76, Helldy Dinobatkan Sebagai Tokoh Pejabat Inovatif Pendorong Peningkatan SDM Melalui Pendidikan

Helldy mengungkapkan, mutasi dan rotasi jabatan adalah hal yang biasa pada birokrasi pemerintahan.

Helldy mengungkapkan, pihaknya menginginkan lewat rotasi ini ada kaderisasi pegawai dan untuk open bidding atau seleksi terbuka eselon II sedang berjalan dapat rampung pada Oktober sehingga nantinya dilantik.

“Open bidding yang dilakukan di Jogjakarta beberapa waktu lalu mudah-mudahan Oktober ini sudah ada hasilnya dan bisa segera dilantik,” katanya.

Kemudian dalam kesempatan itu, Helldy juga mengingatkan, agar seluruh pegawai dapat bekerja profesional dan memiliki kapasitas.

“Mari kita bersinergi bersama- sama membangun Kota Cilegon yang kita cintai, dengan semangat kebersamaan. Kami ingin Cilegon lebih baik lagi,” terangnya.

Kepada Hayati Nufus, orang nomor satu di Cilegon ini berpesan agar dalam menjalankan tugas baru dapat benar-benar melayani dengan baik di DPMPTSP. Antara lain melayani masyarakat, terutama di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang menggelar 128 pelayanan.

Baca juga  Tiga Pelaku Narkoba Antar Pulau Ditangkap Polisi Cilegon, 2 Kilogram Sabu Diamankan

“Tolong itu dimaksimalkan karena tiap pekan ada ribuan orang yang datang kesana,” paparnya.

Sedangkan kepada Eva Sarifah, Helldy berpesan agar data kependudukan betul-betul dikawal. Terlebih untuk Pemilu 2024 akan banyak orang yang membutuhkan data kependudukan.

“Harus update karena pertumbuhan penduudk itu dinamis. Tolong pelayanan kita dijaga. Yang sudha baik buat lebih baik ke depan. Yang kurang bagus ditinggalkan,” ujarnya.

Sementara itu Hayati Nufus mengaku siap menjalankan perintah Wali Kota terkait peningkatan pelayanan di MPP. Dia mengaku lega setelah menunggu izin pemerintah pusat untuk keluar dari Dukcapil. “Pada prinsipnya kami siap bertugas dan melayani masyarakat,” ungkapnya.

Hadir pada pelantikan tersebut Sekda Maman Mauludin, Asda III Syafrudin, serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). (Ronald/Red)