Foto Ilustrasi

CILEGON, SSC – Pengamat Politik dari Universitas Tirtayasa (Untirta) Suwaib Aminudin menilai dualisme di Partai Berkarya akan berdampak terhadap pencalonan Helldy Agustian pada Pilkada Kota Cilegon.

Menurut Suwaib, dengan adanya penetapan pengurus Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Berkarya Cilegon kubu Muchdi Pr yang baru saja terbentuk sangat terbuka peluang bagi bacalon atau parpol lain berkoalisi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan merapat ke Partai Berkarya.

“Bisa jadi PDIP akan ikut penjaringan. Bisa saja, PDIP berkoalisi dengan Partai Berkarya di Pilkada Cilegon,” katanya melalui sambungan telepon selulernya, Selasa (11/8/2020).

Ia menuturkan, Helldy dengan melihat situasi perpolitikan terakhir di Cilegon semestinya melakukan komunikasi ke DPP Partai Berkarya kubu Muchdi terkait belum dikeluarkannya SK Rekomendasi Bakal Calon Walikota Cilegon.

“Melihat sisa waktu menuju pendaftaran bakal calon jalur parpol tinggal sedikit, idealnya Pak Helldy segera merapat ke DPP Berkarya,” ujarnya.

Sementara, menanggapi hal ini, Ketua DPD PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari Partai Berkarya terkait adanya dualisme di tubuh Partai Beringin Karya itu.

“Masih kita tunggu hingga saat ini kondisinya. Sampai saat ini, koalisi Partai Berkarya dan PKS tetap berjalan,” tegas Ghofar.

Ghoffar enggan mengomentari posisi PKS jika PDIP akan bergabung dengan Partai Berkaya di Pilkada Cilegon. Pihaknya enggan berandai-andai.

“Kita belum bisa berandai-andai dalam persoalan ini. Intinya, kita lihat dulu perkembangannya seperti apa,” pungkasnya. (Ully/Red)