Ratusan buruh melakukan aksi longmarch dari Cilegon menuju Jakarta, Rabu (8/8/2018). Foto Ist

CILEGON, SSC – Dukungan terhadap Prabowo Subianto untuk mencalonkan diri sebagai presiden  2019 mendatang terus menggalir. Salah satunya yang dilakukan oleh buruh di Cilegon yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).  Sejak Rabu (8/8/2018) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, buruh sudah melakukan longmarch dari Cilegon menuju Jakarta.

Dalam aksi itu, para buruh yang melakukan aksi jalan kaki ini, menyuarakan kesejahteraan buruh dan masyarakat yang ditulis dalam bentuk spanduk.

Presiden KSPI Pusat Said Iqbal mengatakan, aksi longmarch diikuti sekitar 20 ribu buruh dari berbagai daerah di Banten baik Kota Cilegon, Kota Serang dan Kota Tangerang. Aksi ini bentuk dukungan buruh untuk mendorong Prabowo Subianto mendaftar sebagai capres di KPU.

“Kami melihat figur yang dimiliki oleh pak Prabowo sudah sangat luar biasa terlebih lagi mampu memperhatikan nasib para buruh,” kata Said kepada Selatsunda.com, Rabu (8/8/2018).

Selama ini, kata Said, kebijakan Presiden Joko Widodo kurang berpihak kepada kaum buruh. Hal itu diketahui saat mulai dibukanya keran Tenaga Kerja Asing (TKA) masuk dan bekerja di Indonesia.

“Jadi merupakan hal yang wajar jika semua buruh ini lebih memililih Prabowo sebagai presiden secara konstitional di 2019 mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan menunggu keberanian Prabowo untuk menandatangani kontrak politik berisikan cabut Perpres Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan ternaga Kerja Asing (TKA). Kemudian juga memberikan transportasi murah dan pendidikan gratis bagi buruh.

“Selama ini kami tidak pernah disambut oleh Presiden Jokowi, memang buat kami enggak penting. Yang penting adalah kami menyampaikan berbagai aspirasi kami mengenai upah, jaminan sosial, mengenai TKA, dan gaji,” tambahnya.

Said meminta seluruh buruh yang hadir untuk bekerja keras memenangkan Prabowo nantinya.

“Kami siap berjuang agar pak Prabowo menjadi Presiden,” ucapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here