Foto Walikota Cilegon, Edi Ariadi dengan Kandidat dua Calon Wakil Walikota, Ratu Ati Marliati dan Reno Yanuar. (Desain Foto Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Calon yang nanti ditetapkan menjadi Wakil Walikota Cilegon diminta dapat membantu menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cilegon. Salah satu program prioritas Pemerintah Kota Cilegon yang perlu dikebut pada sisa masa 2 tahun ini adalah menyangkut pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang belum tuntas.

Hal ini disampaikan Walikota Cilegon, Edi Ariadi usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Cilegon tentang Penetapan Calon Wakil Walikota Cilegon Sisa Masa Jabatan 2016-2021, Pembentukan Panitia Khusus LKPJ Walikota Tahun 2018 dan Pendapat Walikota Terhadap Raperda Inisiatif DPRD Tentang Pelestarian Kebudayaan Daerah di Gedung DPRD Cilegon,  Rabu (10/4/2019).

Lebih jauh Edi menerangkan, fungsi wakil walikota sangat penting di dalam roda pemerintahan. Dengan ada wakil, kata dia, tugas sebagai kepala daerah semakin terbantu utamanya menyangkut program-program prioritas RPJMD.

“Alhamdullilah sebentar lagi penetapan wakil walikota bakal selesai. Dengan keberadaan wakil, tugas saya semakin lancar bersama wakil. Selama ini kan, saya langsung ke eselon II kalau ada problem. Jadi, dengan adanya wakil sedikit terbantu,” kata Edi kepada awak media usai

Saat ini, menurut dia, persoalan JLU dianggap sangat penting untuk diselesaikan. Dimana JLU merupakan program prioritas pemerintah yang harus segera diwujudkan.

“JLU kan harus ada pembebasan. Tahun ini kita mau melakukan pembentukan badan jalan. Meski sedikit-sedikit harus sudah nampak gitu lho. Jadi, wakil inilah yang harus membantu tugas walikota,” jelasnya.

Dengan adanya wakil walikota, lanjut Edi, diharapkan seluruh program prioritas pemerintah dapat bisa terealiasi dengan baik.

“Sangat penting lah. Dalam satu pemerintahan ada walikota dan wakil walikota. Biar pemerintahan seimbang gitu,” tungkasnya.

Sementara itu, Calon Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati sejalan dengan pernyataan yang disampaikan Walikota Edi. Bila terpilih dan ditetapkan menjadi wakil, ia akan fokus terhadap program RPJMD yang belum terselesaikan. Namun Mantan Kepala Bappeda ini enggan merinci secara detail solusi-solusi atas program prioritas yang belum berjalan baik dan akan menyampaikannya saat pemaparan visi misi Calon Wakil Walikota, Kamis (11/4/2019) besok.

“Nantilah lihat besok saat penyampaian visi-misi saya. Besok kan sudah diberikan jadwal oleh Panitia Pemilih (Panlih) dan Pansus (Panitia Khusus). Saya harus menghormati itu lah. Kalau saya sampaikan sekarang gak kejutan dong besok,” imbuhnya.

Diketahui selain Ati, nama Ketua PDI Perjuangan Cilegon, Reno Yanuar juga ditetapkan sebagai calon wakil walikota. Ati dan Reno, dijadwalkan akan dipilih 34 anggota DPRD saat tahapan pemilihan yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat, (12/4/2019) nanti. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?